Ini Alasan Mengapa Makan Siang Sambil Bekerja Sangat Tidak Sehat

DokterSehat.Com – Saat pekerjaan menumpuk atau karena dikejar dengan deadline, cukup banyak orang yang memilih untuk makan di meja kerja demi menghemat waktu. Memang, hal ini bisa membantu kita memiliki waktu yang lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaan. Namun, menurut pakar kesehatan, jika kita tetap menghabiskan waktu makan siang di meja kerja atau bahkan melakukannya bersama dengan saat bekerja, maka hal ini bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan. Apa sajakah efek buruk tersebut?

doktersehat-makan-perlahan-pencernaan-penyedap-rasa-tidak-sehat-mie

Terlalu cepat mengunyah makanan
Pakar kesehatan menyebutkan jika idealnya kita makan dengan tenang tanpa adanya gangguan apapun. Dengan makan dengan tenang, kita bisa menikmati rasa masakan sekaligus mengunyah makanan dengan benar dan halus. Jika kita makan siang sambil bekerja, maka kita tidak lagi makan dengan kondisi tenang dan karena pikiran kita masih dikejar berbagai pekerjaan, maka makan pun dilakukan dengan cara yang terburu-buru. Alhasil, kita tidak begitu menikmati makanan dan cenderung mengunyahnya dengan lebih singkat. Jika hal ini terjadi, makanan yang masuk pada saluran pencernaan kita cenderung kasar atau masih kurang halus sehingga mudah memicu perut kembung atau perut mulas.

Makan secara berlebihan
Mengingat makan siang sambil bekerja akan membuat kita makan dengan terburu-buru, tanpa kita sadari makan akan dilakukan lebih cepat jika biasanya. Jika hal ini terjadi, maka perut pun tak kunjung mendapatkan sinyal kenyang dari otak sehingga kita pun bisa terus mengkonsumsi makanan meskipun porsinya sebenarnya sudah berlebihan. Kita pun bisa mendapatkan kerugian berupa kenaikan berat badan gara-gara hal ini.

Membuat meja kerja kotor
Makan siang sambil bekerja otomatis membuat kita makan di atas meja kerja kita. Jika hal ini dilakukan, berbagai sisa makanan akan jatuh di meja kerja dan bisa membuat meja kerja kotor dan penuh dengan kuman atau bakteri. Meja ini tentu bisa menjadi sarang penyakit yang membahayakan kesehatan.