Ini Alasan Mengapa Luka Terkadang Sulit Untuk Sembuh

DokterSehat.Com– Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Manchester yang ada di Inggris baru-baru ini berhasil menemukan alasan mengapa terkadang luka sulit untuk segera sembuh. Dalam penelitian ini, 1 dari 10 orang yang terluka cenderung beresiko mengalami masalah yang lebih serius akibat dari proses penyembuhan lukanya yang lebih lama dari biasanya. Apa penyebabnya?

doktersehat-tangan-jari-luka

Para peneliti menemukan adanya reseptor dalam tubuh yang memungkinkannya mengenali bakteri pseudomonas aeruginosa. Jika reseptor ini rusak, maka tubuh akan kehilangan fungsinya dalam menyembuhkan luka.

Dr. Sheena Cruickshank menyebutkan bahwa tanpa kita sadari, ada cukup banyak bakteri yang secara alami hidup pada tubuh manusia. Bakteri-bakteri ini ternyata terkait dengan munculnya infeksi pada luka hingga komplikasi luka yang sangat besar yang sulit untuk disembuhkan.

Dr Cruickshank dan Dr. Matthew Hardman menyebutkan bahwa para peneliti sedang berusaha untuk mencari tahu lebih dalam tentang populasi bakteri pada kulit kita agar bisa mencari cara lebih baik untuk menyembuhkan luka dengan lebih cepat dan mencegah datangnya infeksi. Sebagaimana kita ketahui, luka bisa disebabkan oleh berbagai faktor layaknya trauma atau tekanan. Yang menjadi masalah adalah, infeksi yang dilanjutkan dari luka terkadang bisa sangat parah sehingga mengancam nyawa.

Diharapkan, penelitian lanjutan akan menemukan adanya bakteri yang bisa membuat luka sulit untuk disembuhkan sehingga obat-obat luka di masa depan bisa langsung mencegah perkembangan bakteri tersebut agar tidak memicu infeksi.