Ini Alasan Mengapa Liburan Bermanfaat Bagi Kesehatan

DokterSehat.com – Di balik sesuatu kenikmatan, biasanya tersimpan risiko yang berpotensi membahayakan kesehatan. Tidak ada yang salah dengan anggapan tersebut, namun juga bukan berarti tidak ada satupun jenis kenikmatan yang menyehatkan.



Kegiatan berlibur, misalnya. Bukan tanpa alasan jika banyak orang menyebut hari libur sebagai hari kesehatan mental. Melepaskan diri dari rutinitas kerja, baik dengan melancong atau tinggal di rumah dapat meredakan stres serta menurunkan tekanan darah sehingga dapat menurunkan risiko sakit jantung.

Sebuah riset yang dilakukan oleh National Heart, Lung & Blood Institute di Bethesda, Maryland, menyebutkan bahwa wanita yang melakukan bepergian keluar kota dalam kurun 2 kali atau lebih dalam satu tahun sangat berkemungkinan mencegah serangan penyakit jantung 8 kali lebih kecil daripada wanita yang tidak melakukan kegiatan bepergian ke luar kota untuk berlibur.

Riset lain yang diterbitkan dalam jurnal Psychosomatic Medicine, menunjukkan bahwa wanita yang sering melakukan rekreasi cenderung memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil dan diikuti dengan indeks masa tubuh yang kecil. Tidak berhenti sampai di situ, bahkan riset lain mengungkapkan bahwa orang yang sering berlibur cenderung mempunyai kualitas tidur yang lebih baik.

Selain itu, riset yang dilakukan pada tahun 2005 membuktikan bahwa kebahagiaan yang diperoleh ternyata bukan ditentukan oleh lamanya durasi waktu berlibur. Liburan pendek yang dilakukan berulang-ulang lebih efektif untuk meredakan stres dibanding dengan kegiatan satu kali liburan panjang namun dilakukan dengan frekuensi jarang-jarang.

Namun ada yang harus diperhatikan saat hari libur. Hindari menghabiskan waktu berlibur hanya dengan bermalas-malasan di atas tempat tidur, karena hal tersebut akan membuat tubuh menjadi lemas dan tidak mempunyai energi untuk melakukan aktivitas lain sepanjang hari.

Baca Juga:  Manfaat Sari Daun Alpukat Bagi Kesehatan

Bangun pagi hari sebelum matahari meninggi dapat membuat pikiran Anda jauh lebih segar dan dapat mengurangi stres. Kondisi ini akan membuat tubuh lebih sehat, serta membuat penampilan Anda terlihat lebih terlihat fresh dan menarik.