Ini Alasan Mengapa Kurang Tidur Bisa Membuat Kita Mudah Sakit

DokterSehat.Com– Kurang tidur bisa membuat kita mengantuk, tubuh yang terasa lemah, dan juga kurang bersemangat. Namun, jika kita cermati, kerap kurang tidur juga membuat kita cenderung lebih mudah jatuh sakit. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-kurang-tidur-diabetes-jantung-wanita-ngantuk

Dalam sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam American Journal of Physiology-Regulatory, Integrative, and Comparative Physiology, ditemukan fakta bahwa kurang tidur akan membuat tubuh tidak memiliki kesempatan untuk mengembalikan tenaga dan juga membuat sistem imun tubuh tidak bisa memperbaiki diri. Hal ini ternyata berpengaruh besar bagi kesehatan tubuh.

Saat kita tidur, beberapa subset sel T mengalami penurunan jumlah pada aliran darah. Sebagai informasi, sel T tergolong sebagai sel darah putih yang menjadi dasar dari sistem imun tubuh manusia. Sel T ini berperan besar dalam melawan virus dan patogen lain penyebab penyakit. Jika kita tidur dengan waktu yang banyak dan berkualitas, maka tubuh akan melepas sel T, hormon-hormon pertumbuhan, serta mengembalikan epinefrin apda sirkulasi darah untuk membantu melawan patogen-patogen tersebut.

Dalam penelitian ini, terdapat 14 partisipan berupa pria muda dengan usia rata-rata 25 tahun. Para partisipan ini dibagi menjadi yang tidur pada jam 11 malam hingga jam 7 pagi dan yang diminta untuk tidak tidur selama 24 jam. Setiap 90 menit hingga 3 jam, sampel darah para partisipan ini diambil untuk mengetahui jumlah sel T dalam tubuh. Dari kelompok yang tidur, jumlah sel T ini menurun setelah 3 jam setelah tubuh terlelap. Sementara itu, jumlah sel T tetap dalam kondisi yang tinggi pada mereka yang tidak tidur.

Keberadaan sel T yang masih tinggi pada mereka yang tidak tidur ini ternyata bisa berpengaruh buruk bagi sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang terus aktif dan tidak sempat melakukan proses perbaikan, maka tubuh pun akan cenderung lebih mudah jatuh sakit.

Baca Juga:  Tidur Lebih Lama di Akhir Pekan Bisa Membuat Kita Lebih Cerdas dan Langsing

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita selalu menjaga waktu tidur yang cukup demi mencegah datangnya berbagai macam penyakit.