Ini Alasan Mengapa Kopi Tidak Baik Untuk Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Bagi wanita yang terbiasa mengkonsumsi kopi untuk mengawali hari di saat pagi, kondisi kehamilan bisa menjadi hal yang kurang menyenangkan. Bagaimana tidak, banyak sekali anjuran yang dikeluarkan oleh pakar kesehatan yang meminta mereka tidak mengkonsumsi kopi atau minuman kaya kafein lainnya saat hamil. Sebenarnya, apa alasan dari larangan konsumsi kopi bagi ibu hamil ini?

doktersehat-kopi-coffee-kehamilan-preganncy-menurunkan-depresi

Sebuah penelitian yang dilakukan di Sahlgarenska University Hospital yang ada di Swedia dan Norwegian Institute of public Health menyebutkan jika ibu hamil yang suka mengkonsumsi kopi ternyata beresiko besar mengalami gangguan perkembangan janin. Selain itu, kandungan kafein yang tinggi di dalam kopi juga bisa meningkatkan resiko kelahiran bayi dengan berat badan yang rendah. Fakta ini didapatkan setelah para pakar kesehatan melakukan observasi pada 60 ribu ibu hamil yang ada di Norwegia. Diantara para ibu hamil tersebut, ada sebagian yang rutin mengkonsumsi 200-300 mg kopi setiap hari dan mereka ternyata meningkatkan resiko janin yang berukuran lebih kecil dari normal hingga 62 persen.

Pakar kesehatan dr. Verena Sengpiel berkata bahwa adanya kafein ternyata mampu menghalangi distribusi protein dari tubuh ibu menuju janin di dalam kandungan. Saat hal ini terjadi, maka janin pun akan kekurangan asupan yang sangat penting bagi kesehatan dan perkembangannya.

Penelitian lain yang dipublikasikan hasilnya dalam American Journal of Obstetrics and Gynaecology menyebutkan jika ibu hamil yang suka mengkonsumsi kopi bisa meningkatkan resiko bayi terlambat lahir hingga 8 jam lamanya. Bahkan, senyawa di dalam kopi bisa membuat rasa nyeri saat persalinan semakin menjadi. Senyawa kafein pada kopi juga mampu mengubah DNA pada janin sehingga Ia pun akan meningkatkan resiko terkena kanker hingga 20 persen.

Baca Juga:  Tak Hanya Ibu Hamil, Orang Dengan Kondisi Kesehatan Berikut Sebaiknya Menghindari Kopi

Tak hanya kopi, pakar kesehatan juga menyarankan ibu hamil untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi teh yang sangat kental, minuman bersoda, hingga cokelat. Selain itu, selalu penuhi asupan makanan yang sehat dengan gizi seimbang agar kesehatan janin di dalam kandungan tetap terjaga.