Ini Alasan Mengapa Kita Tidak Bisa Membuka Mata Saat Bersin

DokterSehat.Com– Meskipun bisa membuat pernafasan menjadi lebih lega, bersin terkadang datang di saat yang tidak tepat sehingga cukup merepotkan. Sebagai contoh, kita bersin saat sedang mengemudi sehingga mau tidak mau kita harus memejamkan mata selama beberapa saat. Hal ini tentu bisa berbahaya, bukan? Sebenarnya, mengapa kita tidak bisa membuka mata saat bersin?

doktersehat-bersin

Pakar kesehatan bernama Dr. David Huston yang berasal dari Texas A & M College of Medicine, Houston, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa kita memang hampir tidak mungkin bisa membuka mata saat bersin. Sebagai informasi, bersin adalah refleks sternutasi yang bertujuan untuk melindungi rongga hidung kita dari berbagai partikel asing. Refleks ini akan membuat udara dengan kecepatan 10 mil per jam atau 4,5 meter per detik keluar dari paru-paru yang bertujuan untuk mengeluarkan berbagai partikel asing tersebut.

Tak hanya mengeluarkan partikel asing, pengendalian bersin yang ada pada otak ternyata juga memerintahan otot dari esofagus dan sfingter, termasuk otot yang mengendalikan kelopak mata kita untuk melakukan kontraksi. Hal inilah yang membuat mata kita cenderung terpejam saat bersin, atau bahkan sampai meneteskan air mata.

Dr. Huston menduga bahwa refleks alami untuk menutup mata ini untuk mencegah partikel asing yang berhasil dikeluarkan hidung memasuki mata yang bisa saja menyebabkan iritasi. Tak hanya itu, tekanan udara yang keluar sangatlah kuat sehingga jika kita tetap memaksakan diri membuka mata saat bersin, dikhawatirkan tekanan ini bisa menyebabkan pembuluh darah kecil pada bola mata menjadi pecah.

Jadi, sudah tahu kan apa penyebab dari mata kita yang tetap terbuka saat bersin? Tak perlu memaksakan diri untuk tetap membuka mata, toh hanya terjadi dengan sebentar, kok.