Ini Alasan Mengapa Kita Suka Bergosip

DokterSehat.Com– Meskipun kerap kali diidentikkan dengan kebiasaan yang dilakukan oleh kaum hawa, dalam realitanya bergosip juga dilakukan oleh kaum pria. Hal ini ternyata disebabkan oleh kecenderungan manusia yang memang suka untuk bergunjing.



Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Adam Davis yang berasal dari University of Ottawa, Kanada, terdapat 290 partisipan yang dilibatkan dengan usia 17 hingga 30 tahun. Para partisipan ini diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang jawabannya bisa menunjukkan mengapa manusia cenderung suka untuk bergosip.

Hasil dari penelitian ini adalah bergosip ternyata termasuk dalam kemampuan sosial yang dimiliki oleh pria dan wanita. Selain itu, hal ini disebabkan oleh kecenderungan manusia untuk berkompetisi. Davis menyebutkan bahwa pria cenderung lebih suka untuk bergosip tentang pencapaian orang lain. Sementara itu, wanita cenderung lebih suka bergosip tentang kejelekan dari wanita lain karena ingin meningkatkan penilaian orang lain pada dirinya sendiri.

Penelitian ini juga membuktikan bahwa wanita cenderung lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bergosip jika dibandingkan dengan pria. Hanya saja, perbincangan gosip yang terjadi pada pria cenderung jauh lebih mendalam dan lebih kompetitif jika dibandingkan yang dilakukan oleh wanita.

Yang menarik adalah, bergosip bagi wanita ternyata bisa dijadikan untuk cara mencari pasangan. Dengan mengetahui apa yang baik atau buruk dari wanita lain, mereka cenderung bisa belajar untuk memperbaiki diri atau mencari sosok yang sepertinya ideal untuk dijadikan pasangan bagi dirinya sendiri.

Meskipun kerap melakukannya, Davis menekankan bahwa bergosip ternyata bukan dari kepribadian wanita. Hal ini hanyalah cara wanita untuk berkomunikasi sehingga tidak bisa dijadikan patokan apakan seorang wanita memiliki kepribadian yang baik atau tidak.