Ini Alasan Mengapa Kita Sebenarnya Membutuhkan Tidur Siang

DokterSehat.Com – Seiring dengan bertambahnya usia, kesempatan untuk mendapatkan waktu tidur siang pun menjadi semakin berkurang. Kesibukan pekerjaan atau bahkan adanya berbagai aktifitas membuat kita tidak mampu memanjakan tubuh kita di siang hari. Pakar kesehatan menyebutkan jika sebenarnya tidur siang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh sehingga andai kita bisa melakukannya sebentar saja dengan rutin saat jam istirahat, kita akan mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebenarnya, apa sajakah manfaat dari tidur siang bagi tubuh kita?

doktersehat-tidur-siang-sehat-kreatif-kantor-kerja

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh UC Berkeley menyebutkan jika orang dewasa yang rutin melakukan tidur siang ternyata akan cenderung lebh baik dalam hal mengingat dan belajar. Dengan melakukan tidur siang, otak akan mendapatkan penyegaran sehingga akan membuat kemampuan memori jarak pendek meningkat dan kita pun akan berpikir dengan lebih jernih. Penelitian lain yang dilakukan oleh University of Colorado Boulder bahkan menyebutkan jika anak-anak yang jarang tidur siang cenderung memiliki rasa bahagia dan minat lebih rendah jika dibandingkan dengan anak-anak yang mau tidur siang. Selain itu, anak yang rajin melakukan tidur siang juga cenderung memiliki kemampuan menyelesaikan masalah dengan lebih baik.

Pakar kesehatan menyebutkan jika waktu paling ideal untuk melakukan tidur siang adalah 10 hingga 20 menit saja. Waktu ini tentu cukup singkat dan memungkinkan untuk dilakukan di sela-sela jam istirahat. Dengan melakukan tidur siang singkat ini, kita pun akan membuat pikiran menjadi lebih segar, mengembalikan energi tubuh, dan kembali meningkatkan produktivitas.

Lantas, bagaimana dengan kebiasaan banyak orang yang tidur siang hingga 30 menit atau satu jam lamanya? Pakar kesehatan menyebutkan jika andai kita tidur selama itu, tubuh akan memasuki fase tidur yang jauh lebih dalam sehingga saat terbangun, tubuh pun akan cenderung kaget dan membuat kita merasakan pusing. Hanya saja, andai memang saat di malam hari kita kekurangan waktu tidur, maka kita bisa meluangkan waktu tidur siang yang cukup panjang agar bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar dan meningkatkan daya ingat serta kreativitas.