Ini Alasan Mengapa Kita Sebaiknya Tidur Sebelum Jam 22.30

DokterSehat.Com – Ada cukup banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bisa menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dengan tidur dengan waktu yang cukup. Salah seorang artis Hollywood terkemuka, Gwyneth Paltrow, baru-baru ini bahkan memberikan saran bagi mereka yang tetap ingin sehat dan bugar agar tidur dengan metode Clean Sleeping, metode dimana tidur bisa dilakukan selama tujuh hingga delapan jam setiap malam. Paltrow sendiri menyebutkan bahwa untuk mendapatkan waktu tidur tersebut, ada baiknya kita tidur mulai jam 10 malam. Dengan melakukannya, maka tubuh akan semakin sehat dan berenergi.

doktersehat-tidur-lampu-menyala

Menurut Paltrow, tidur yang tidak berkualitas ternyata bisa membuat sistem metabolisme tubuh menjadi kacau dan akhirnya memicu ketidakseimbangan hormon. Padahal, ketidakseimbangan hormon ini bisa berimbas pada berat badan yang semakin naik, suasana hati yang naik turun, hingga penurunan fungsi otak yang berimbas pada sulitnya berkonsentrasi atau mengingat banyak hal. Bahkan, jika kita kerap tidak tidur dengan cukup, maka tubuh bisa mengalami peradangan dan penurunan daya tahan tubuh yang bisa berimbas pada munculnya penyakit kronis.

Agar bisa melakukan clean sleeping ini, kita bisa menghindari beberapa hal seperti tidak mengkonsumsi minuman berkafein sejak sore hari dan tidak bermain ponsel sebelum tidur karena bisa membuat kita tidak kunjung beristirahat dan menghabiskan waktu untuk memainkannya hingga larut malam. Tak hanya itu, ada baiknya kita tidak membiarkan perut kosong atau kelaparan di malam hari karena jika hal ini terjadi, maka kita justru akan membuat perut tidak nyaman dan kita justru akan kesulitan untuk tidur dengan nyenyak.

Paltrow sendiri menyebutkan bahwa dirinya selalu tidur sebelum pukul 22.30 malam karena menurutnya, tidur setelah waktu tersebut bisa membuat kita menurunkan kualitas tidur secara signifikan dan kondisi kesehatan kita secara keseluruhan.