Ini Alasan Mengapa Kita Sebaiknya Tidak Minum Pil Diet Jika Ingin Kurus

DokterSehat.Com– Karena ingin mendapatkan tubuh yang langsing, cukup banyak orang yang memilih jalan pintas, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi pil diet. Memang, pil ini bisa membantu kita menurunkan berat badan dengan cepat, namun, pakar kesehatan menyebutkan bahwa pil diet ini bisa memberikan banyak dampak buruk bagi kesehatan tubuh.



Pakar kesehatan di bidang nutrisi Leona Victoria Djajadi, MND, menyebutkan bahwa salah satu obat yang kerap dipakai untuk menurunkan berat badan adalah obat pencahar. Obat ini memang memiliki sifat diuretic yang akan membuat pengkonsumsinya kerap buang air kecil dan buang air besar. Namun, jika kita mengkonsumsi obat ini dalam jangka panjang, dikhawatirkan hal ini akan berefek buruk bagi fungsi saluran pencernaan. Hal ini disebabkan oleh saluran pencernaan yang kemudian bergantung pada konsumsi obat ini sehingga jika kita tidak mengkonsumsinya, maka kita justru kesulitan untuk buang air.

Konsumsi obat pencahar ini memang bisa membuat tubuh cepat kurus, sayangnya, menurut Leona, kurus yang disebabkan oleh obat ternyata disebabkan oleh tubuh yang kekurangan air, bukannya penurunan kadar lemak yang menumpuk pada tubuh. Yang menjadi masalah adalah, tak hanya obat pencahar, beberapa obat yang diklaim herbal dan mampu membantu menurunkan berat badan kerap kali tidak disertifikasi sehingga tidak diketahui apa efek sampingnya bagi kesehatan.

Ada cukup banyak efek negatif yang didapatkan dari konsumsi pil yang dianggap mampu dijadikan jalan pintas saat diet seperti mual-mual, diare, atau kram perut. Tak hanya itu, tubuh juga dikhawatirkan akan mengalami kekurangan nutrisi yang sangat penting seperti natrium, kalium, magnesium, hingga fosfor. Padahal, nutrisi-nutrisi ini sangat penting bagi saraf, otot-otot, usus, hingga hati. Alhasil, fungsi dari organ-organ tersebut pun akan terganggu.

Baca Juga:  Wanita Tergemuk di Dunia Ini Baru Saja Sukses Melakukan Operasi Penurunan Bobot Pertamanya

Alih-alih mempercayai pil diet, ada baiknya kita mengubah pola makan menjadi lebih sehat, rutin berolahraga, atau mengkonsumsi teh hijau yang sudah terbukti dalam berbagai penelitian mampu menurunkan berat badan tanpa memberikan efek samping bagi kesehatan.