Ini Alasan Mengapa Kita Sebaiknya Segera Keramas Setelah Hujan-Hujanan

doktersehat-hujan-sakit-flu

DokterSehat.Com– Di musim hujan seperti sekarang ini, besar kemungkinan kita akan mengalami hujan-hujanan, khususnya saat kita melakukan perjalanan di luar rumah, baik itu ke tempat kerja atau ke tempat aktifitas lainnya. Meskipun terlihat sebagai sesuatu yang menyegarkan, dalam realitanya hujan-hujanan akan membuat badan dan rambut kita menjadi lebih basah dan kedinginan. Setelah hujan-hujanan, kita biasanya akan diminta oleh orang tua untuk segera mandi atau berkeramas. Tak disangka, anjuran ini ternyata memang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa air hujan ternyata memiliki sifat asam atau polutan yang kurang baik bagi kesehatan rambut. Jika hujan yang kita rasakan adalah yang berupa gerimis, konsentrasi asam dan polutan justru akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan saat kita hujan-hujanan dalam kondisi deras. Karena alasan inilah kita bisa saja jatuh sakit setelah terkena gerimis atau hujan yang rintik-rintik.

Dengan berkeramas setelah hujan-hujanan, maka kita pun akan segera membersihkan berbagai polutan dan kotoran yang datang dari air hujan. Rambut pun akan tidak mudah rusak dan terjaga kebersihannya sehingga akan tetap terjaga kecantikannya. Selain itu, jika kita tidak segera berkeramas, dikhawatirkan berbagai kotoran dan polutan ini justru memancing bakteri untuk berkembang menjadi semakin banyak dan akhirnya memicu masalah rambut berbau atau rambut yang gatal-gatal.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita langsung mandi dan berkeramas setelah hujan-hujanan, meskipun hujan yang turun tidak terlalu deras.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik