Ini Alasan Mengapa Kita Sebaiknya Rutin Mencuci Sisir

DokterSehat.Com– Untuk menjaga penampilan kita tetap maksimal, ada baiknya kita selalu merapikan rambut dengan sisir. Sayangnya, seringkali kita menemukan sisir yang sudah penuh dengan rambut yang rontok atau kotoran lainnya. Padahal, helaian rambut yang rontok atau kotoran yang tertinggal pada sisir bisa saja memicu masalah kesehatan pada rambut layaknya ketombe. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita mencuci sisir rambut secara teratur.

doktersehat-rambut-rontok-daun-jambu-biji

Tak hanya menjadi tempat bagi helaian rambut yang rontok, sisir rambut ternyata juga bisa menjadi tempat bagi berbagai kotoran, kuman, hingga bakteri. Berbagai sel kulit mati yang berasal dari kulit kepala juga bisa terjebak pada helaian rambut yang kusut pada sela-sela sisir. Tak hanya itu, kotoran yang berasal dari sisa bahan shampoo yang tidak dibilas dengan bersih, masker rambut, atau produk styling rambut juga bisa membuat sisir semakin kotor.

Jika kita kerap menggunakan sisir yang tidak dibersihkan, maka rambut akan secara langsung terpapar berbagai kotoran yang berasal dari sisir tersebut dan akhirnya akan mudah mengalami ketombe. Sebagai informasi, kulit kepala ternyata cukup sensitif dengan kotoran yang berasal dari sisir dan akan menyebabkan ketombe menjadi semakin parah. Tak hanya itu, hal ini juga bisa memicu kerusakan rambut lainnya layaknya rambut lepek, rambut patah, hingga kerontokan.

Melihat betapa besar dampak dari menggunakan sisir yang kotor, ada baiknya kini kita mulai rutin membersihkan sisir agar rambut tidak mendapatkan masalah kesehatan. Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk membersihkannya sekali dalam seminggu. Untuk membersihkan sisir, pertama-tama kita harus membuang sisa helaian rambut yang kusut dan menempel. Setelahnya, rendamlah sisir pada air hangat setidaknya selama setengah jam. Setelah itu, kita tinggal menggunakan sikat kecil dan shampoo untuk menggosok semua bagian sisir dan barulah sisir ini kita bilas dengan air bersih.