Ini Alasan Mengapa Kita Perlu Tahu Golongan Darah

DokterSehat.Com – Masih banyak orang di Indonesia yang tidak tahu apa golongan darahnya. Banyak dari mereka yang bahkan tidak begitu peduli dengan golongan darahnya karena dianggap tidak dibutuhkan bagi kehidupan sehari-hari. Padahal, menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita mengetahui golongan darah karena berkaitan erat dengan kesehatan dan keselamatan kita saat berada dalam kondisi darurat. Berikut adalah manfaat dari mengetahui golongan darah.

doktersehat-kantung-darah

Pertolongan saat kecelakaan
Angka kecelakaan, khususnya yang terjadi di jalan raya, masih cukup tinggi di Indonesia. Demi menyelamatkan nyawa karena korban kecelakaan bisa saja kehilangan banyak darah atau membutuhkan operasi darurat, maka tim medis tentu harus tahu apa golongan darah dari korban kecelakaan tersebut. Andai tidak, tentu mereka akan kesulitan menentukan darah jenis apa yang bisa digunakan untuk transfusi darah.

Menentukan keluarga berencana atau KB
Tanpa kita sadari, golongan darah ternyata juga bisa menentukan program Keluarga Berencana. Beberapa jenis darah ternyata sebaiknya tidak dicampur karena dikhawatirkan bisa mempengaruhi kesehatan anak yang dilahirkan nantinya. Beberapa negara bahkan sudah menetapkan peraturan yang menyebutkan bahwa sebelum menikah, pasangan sebaiknya melakukan tes darah terlebih dahulu.

Sebagai pengingat akan beberapa jenis penyakit
Beberapa jenis penelitian kesehatan menunjukkan fakta dimana wanita dengan golongan darah O cenderung memiliki kadar hormon FSH yang tinggi. Hal ini bisa saja menandakan ovarium berposisi lebih rendah pada rahim yang tentu bisa menandakan kesuburannya. Tak hanya itu, orang dengan golongan darah A, AB, dan juga B cenderung lebih beresiko terkena penyakit jantung. Sementara itu, orang dengan golongan darah A bahkan cukup beresiko terkena masalah dengan kadar kolesterol jahat.

Membantu program diet
Beberapa golongan darah ternyata bisa menandakan seseorang lebih beresiko terkena diabetes hingga penyakit jantung. Beberapa golongan darah juga bisa menandakan seseorang sebaiknya membatasi asupan karbohidrat atau justru lebih cocok menjadi seorang vegetarian.