Ini Alasan Mengapa Kita Mengantuk Saat Merasa Bosan

DokterSehat.Com– Jika kita mencermati, kita cenderung mengantuk saat merasa bosan akan sesuatu hal atau sedang menunggu dalam waktu yang sangat lama. Sebenarnya, apa penyebab dari munculnya rasa bosan ini?

doktersehat-kurang-tidur-diabetes-jantung-wanita-ngantuk

Sebuah penelitian pun dilakukan untuk mengetahui apa penyebab dari munculnya rasa bosan ini di University of Tsukuba, Jepang. Hasilnya adalah, rasa bosan ternyata mempengaruhi aktifitas nucleus accumbens, bagian depan otak yang merupakan pusat kesenangan dan berperan besar dalam membuat seseorang tertidur.

Jika kita melakukan aktifitas yang menyenangkan layaknya makan, ngobrol bersama dengan teman, atau bahkan berhubungan intim, maka bagian otak ini akan segera melepas hormon dopamin. Namun, jika kita merasa bosan, maka bagin nucleus accumbens sama sekali tidak melepas hormon dopamin dan hal ini ternyata bisa meningkatkan rasa kantuk. Hal ini disebabkan oleh banyaknya reseptor pada nucleus accumbens yang mengendalikan siklus tidur dan terjaga pada tubuh. Saat reseptor ini menangkap sinyal kita sedang merasa bosan, maka bagian otak ini akan segera memperkuat keinginan untuk tidur.

Untuk mengatasi rasa kantuk saat sedang bosan atau menunggu, pakar kesehatan Yo Oishi yang terlibat dalam penelitian ini menyarankan kita untuk mengkonsumsi secangkir kopi atau teh. Kandungan kafein di dalam minuman ini diharapkan bisa menurunkan rasa kantuk dan kita pun akan segera kembali bersemangat untuk melakukan hal lainnya. Hanya saja, jika memang sebelumnya kita mengalami kurang tidur, maka ada kemungkinan konsumsi kopi dan teh ini tidak akan memberikan efek yang lama dan kita pun akan kembali mengantuk.