Ini Alasan Mengapa Kita Kerap Tidak Nafsu Makan Untuk Sarapan di Pagi Hari

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang harus berangkat ke tempat kerjanya pagi-pagi sekali. Tak hanya membuat mereka tidak sempat memasak makanan untuk sarapan, banyak dari mereka yang juga belum memiliki nafsu makan untuk mengkonsumsi makanan apapun. Jika mereka memaksakan diri untuk makan, bisa jadi perut malah terasa kurang nyaman. Sebenarnya, apa penyebab kita kerap merasa tidak nafsu makan di pagi hari?

doktersehat-anak-kecil-susah-makan-sayuran

Pakar kesehatan dr. Neil Stanley menyebutkan bahwa ada sebagian orang, tepatnya 10 persen dari total populasi di seluruh dunia, yang memiliki jam biologis cenderung lambat jika dibandingkan dengan orang normal. Hal ini ternyata membuat mereka tidak kunjung merasa lapar di pagi hari meskipun sudah tidak lagi merasakan kantuk setelah bangun tidur.

Dr. Stanley memberikan contoh tentang orang-orang yang memiliki jam biologis yang lambat yang tidak nafsu makan hingga pukul 9 atau 10 pagi. Andai mereka memaksakan diri untuk makan sebelum jam tersebut, seringkali porsi makanan yang dikonsumsi juga sangat sedikit. Padahal, mereka membutuhkan cukup banyak energi untuk melakukan berbagai macam aktifitas.

Lantas, apa yang bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki jam biologis lambat sehingga tidak terbiasa mengkonsumsi sarapan di saat masih pagi? Dr. Stanley menyarankan mereka membawa bekal yang bisa segera mereka makan saat rasa lapar mulai muncul.

Selain karena faktor keturunan, dr. Stanley juga menyebutkan bahwa lambatnya jam biologis ini juga bisa disebabkan oleh faktor pola tidur malam yang berantakan. Karena alasan inilah ada baiknya kita mulai menata kembali jam tidur malam kita dengan cara mulai tidur di waktu yang cenderung sama setiap hari agar jam biologis kita bisa kembali normal dan di saat pagi kita bisa menikmati sarapan dengan nyaman.