Ini Alasan Mengapa Kita Ingin Meremas Bayi atau Hewan yang Menggemaskan

DokterSehat.Com – Saat kita melihat bayi atau hewan-hewan yang lucu layaknya anak anjing atau kucing, ada kecenderungan untuk meremasnya kuat-kuat, mencubitnya, atau bahkan menggigitnya karena gemas. Kita tentu bertanya-tanya mengapa kita justru cenderung ingin melukai hal-hal yang terasa menggemaskan bagi kita. Menurut pakar kesehatan, keinginan ini ternyata normal adanya dan bukan menunjukan tanda jika kita adalah seorang psikopat. Seperti apakah penjelasan dari perilaku ini?

doktersehat-bayi

Pakar kesehatan dari Australia bernama dr. Karl Kruszelnicki menyebutkan jika dorongan untuk melukai sesuatu yang menggemaskan sebenarnya datang dari perasaan cinta kita yang memang tidak rasional. Menurut beliau, keinginan yang agak aneh ini juga berasal dari evolusi kehidupan manusia. Tentu bukan hal yang aneh saat kita ingin mengekspresikan rasa cinta kita pada orang lain dengan cara memeluknya erat-erat, bahkan sangat erat hingga yang kita peluk kesulitan bernafas, bukan? Sebagian orang bahkan bisa mengekspresikan besarnya rasa cinta pada orang lain dengan menggigitnya tanpa tahu apa alasannya.

Sebuah penelitian pun dilakukan oleh psikolog Oriana Aragon yang berasal dari Yale University. Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science pada tahun 2015 ini, keinginan untuk melukai hal-hal yang menggemaskan sebenarnya tidak benar-benar nyata. Hanya saja, sebagian orang memang memiliki keinginan untuk mengekspresikan emosi yang kuat dengan cara yang berlawanan. Sebagai contoh, saat kita merasa sangat berbahagia, kita justru menangis yang seharusnya muncul saat kita bersedih, kita juga akan tertawa saat merasa gugup. Hal yang sama terjadi saat kita tiba-tiba ingin meremas sesuatu yang sebenarnya sangat kita cintai atau kita lindungi.

Yang menarik, Aragon menyebutkan jika reaksi yang berlawanan ini adalah cara alami dari tubuh kita untuk menyeimbangkan fungsi emosi kita. Andai muncul emosi positif yang berlebihan, maka kita justru akan terdorong untuk melakukan ekspresi negatif atau sebaliknya untuk menyeimbangkannya.

Baca Juga:  Suka Lagu Milik Justin Bieber yang Ini? Bisa Jadi Anda Psikopat

Meskipun merupakan hal yang normal, ada baiknya tentu kita lebih baik dalam menahan diri untuk meremas bayi atau hewan-hewan kesayangan karena tentu hal ini bisa melukai mereka.