Ini Alasan Mengapa Kita Harus Bangun Pagi dan Sarapan

DokterSehat.Com– Masih banyak orang yang menyepelekan pentingnya bangun pagi dan sarapan. Padahal, menurut pakar kesehatan, kebiasaan ini bisa membantu kita mencegah masalah kenaikan berat badan dan datangnya penyakit kronis seperti diabetes tipe 2.

doktersehat-sarapan-sereal-pisang

Bagi mereka yang tidak dikejar waktu untuk berangkat pagi-pagi, banyak yang sengaja bangun lebih siang karena berpikir jika hal ini akan membuat badan menjadi lebih enakan. Padahal, hal ini juga akan membuat sarapan dilakukan dengan lebih terlambat atau bahkan akhirnya tidak sarapan sama sekali.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Bath, Inggris, terdapat 49 orang yang dilibatkan dimana 29 orang diantaranya memiliki tubuh yang ramping dan sisanya mengalami obesitas. Setiap orang diminta untuk sarapan setiap hari selama 6 minggu atau berpuasa hingga waktu makan siang tiba. Para partisipan ini kemudian diukur metabolismenya, komposisi tubuh, nafsu makan, dan penanda kesehatan kardiovaskularnya sebelum dan sesudah penelitian.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kebiasaan sarapan pagi akan membuat sel-sel lemak tubuh lebih aktif menghabiskan gula alih-alih menimbunnya. Hal ini tentu akan berimbas pada lebih baiknya pengendalian hormon insulin dan kadar gula dalam darah. Sebaliknya jika kita malas sarapan pagi, hormon insulin akan cenderung tidak aktif sehingga bisa memicu penumpukan gula menjadi cadangan lemak dan memicu datangnya penyakit berbahaya seperti diabetes atau penyakit jantung.

Bagi para partisipan yang sudah terlanjur berbadan gemuk, lemak pada tubuhnya juga akan semakin tidak peka pada insulin sehingga semakin kesulitan mengendalikan kadar gula dalam darah. Alhasil, berat badan mereka terus bertambah.

Tak hanya bisa membantu menurunkan berat badan dan mencegah datangnya penyakit, bangun pagi juga akan memberikan kita kesempatan untuk menikmati sinar matahari pagi yang kaya akan vitamin D. Kita juga akan lebih memungkinkan untuk berolahraga sehingga badan tentu akan menjadi lebih sehat.