Ini Alasan Mengapa Kita Bisa Pusing Saat Mencium Aroma Parfum

DokterSehat.Com– Meskipun dianggap bisa menjadi solusi mengatasi masalah bau badan dan membuat penampilan seseorang menjadi semakin prima, dalam realitanya ada sebagian orang yang tidak tahan dengan aroma parfum. Mereka yang mengalami hal ini akan merasa pusing atau mual-mual. Sebenarnya, apa sih penyebab dari sensasi pusing karena mencium aroma parfum ini?

doktersehat-belimbing-vitamin-starfruit-obat-batuk

Pengalaman sensori
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan untuk kerap berada di lingkungan dengan orang-orang yang suka dengan aroma parfum tertentu ternyata bisa membuat kita mengalami sensasi yang setara layaknya mata lelah akibat menatap komputer terlalu lama. Ahli parfum bernama Sarah McCartney menyarankan mereka yang mulai merasa pusing akibat dari aroma parfum untuk segera keluar dan menghirup udara segar demi mengatasinya.

Aroma tertentu memunculkan kenangan yang tidak mengenakkan
Beberapa aroma parfum tertentu terkadang mengingatkan kita pada kenangan yang tidak mengenakkan di masa lalu. Hal ini akan membuat kita merasa tidak nyaman, stress, hingga membuat kepala pusing.

Alergi
Bagi sebagian orang, aroma parfum ternyata bisa menimbulkan alergi. Biasanya, hal ini disebabkan oleh adanya beberapa bahan parfum yang memang bisa memicu masalah kesehatan ini seperti limonene, geraniol, dan benzyl benzoate. Karena alasan inilah ada baiknya kita berhati-hati saat memilih parfum dan memastikan untuk tidak memilih yang memakai bahan-bahan tersebut.

Parfum mahal belum tentu lebih aman
Banyak orang yang menyalahkan parfum dengan harga murah sebagai pemicu kepala pusing. Padahal, hal ini sama sekali tidak menentukan. Banyak parfum yang berharga mahal yang ternyata juga bisa memicu pusing atau gejala lainnya. Hal ini tergantung dari kondisi orang yang mencium aromanya.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak berlebihan dalam memakai parfum karena bisa jadi ada orang yang ternyata alergi atau tidak mampu mencium aromanya sehingga mengalami kepala pusing.