Ini Alasan Mengapa Kita Bisa Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama

DokterSehat.Com– Meskipun semua orang merasakannya, dalam realitanya cinta masih menjadi hal yang cukup misterius dan belum bisa dijelaskan dengan gamblang secara ilmiah, apalagi yang berupa jatuh cinta pada pandangan pertama. Banyak orang yang menganggap hal ini sebagai intuisi semata dan tak sedikit pula orang yang tidak mempercayainya. Sebenarnya, apakah ada alasan mengapa kita bisa jatuh cinta pada pandangan pertama?

doktersehat-pasangan-cium

Sebuah penelitian pun dilakukan untuk mencari tahu alasan dari hal ini. Sejumlah orang yang mengaku mengalami jatuh cinta pada pandangan pertama pun dilibatkan. Setelah diperiksa, diketahui bahwa para partisipan ini cenderung memilih pasangan dengan DNA yang serupa dengan mereka.

Tanpa disadari, kita sebenarnya bisa melihat atau mengenali orang lain dari berbagai faktor, yakni kesehatan fisik, penampilan seseorang, aroma, suara, atau bahkan rasa. Saat kita tiba-tiba saja jatuh cinta pada seseorang pada pandangan pertama, maka kita mengenali berbagai faktor tersebut dan menganggapnya memiliki DNA yang serupa dengan kita.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Finlandia, disebutkan bahwa saat jatuh cinta, terjadi perubahan pada sistem kekebalan tubuh yang membuat kita merasakan kebahagiaan yang luar biasa. Hal ini akan mempengaruhi keseimbangan hormon, nafsu makan, hingga kesehatan fisik dengan signifikan. Jika kita akhirnya bersama dengan orang yang kita sukai, kita bahkan bisa membuat jantung menjadi semakin sehat, panjang umur, dan memiliki kesehatan mental yang jauh lebih baik.