Ini Alasan Mengapa Kasur yang Kita Jemur Bisa Berbau Khas

DokterSehat.Com– Demi menjaga kebersihan berbagai benda yang ada di kamar tidur seperti selimut, bantal, guling, atau kasur, ada baiknya kita kerap-kerap menjemurnya di bawah sinar matahari. JIka kita cermati, setelah dijemur, berbagai benda di kamar tidur ini memiliki bau khas yang kerap disebut sebagai bau matahari. Sebenarnya, apa sih penyebab dari munculnya bau khas ini?



Pakar kesehatan menyebutkan bahwa bau khas pada selimut atau kasur setelah dijemur di bawah sinar matahari ini ternyata adalah bau tengau yang sudah terpapar oleh sinar matahari. Sebagaimana kita kita ketahui, tengau bisa saja tinggal di bantal, guling, kasur, atau selimut kita, apalagi jika benda-benda tersebut jarang dibersihkan dan dijemur. Yang menjadi masalah adalah, tengau bisa memicu masalah kulit layaknya gatal-gatal dan infeksi.

Meskipun kasur dari sprei kita sudah terlihat bersih dan tidak berbau, bisa jadi ternyata ada tengau yang tinggal disana dan memicu masalah kulit. Karena alasan inilah ada baiknya kita kerap menjemur berbagai benda yang ada di kasur dan rajin membersihkannya dengan cara berikut ini.

Baking soda
Kita bisa menaburkan baking soda di atas kasur dan meratakannya di permukaannya. Tunggu hingga sekitar 15 atau 20 menit dan kemudian gunakan penyedot debu untuk membersihkan baking soda, tengau, kulit mati, dan berbagai kotoran lainnya. Jika perlu kita juga bisa menyikat kasur hingga bersih.

Dengan melakukan hal ini, maka berbagai bakteri dan tungau akan mati pada kasur atau sprei dalam rumah kita.

Menjemur kasur, bantal, atau sprei
Menjemur peralatan tidur di bawah sinar matahari yang panas dan terik, khususnya di jam-jam antara 11 siang hingga 3 sore ternyata bisa membunuh tengau dengan efektif. Setelah dijemur, pastikan untuk menepuk-nepuknya dan membersihkannya.

Mencuci sprei dan sarung bantal secara rutin
Cucilah sprei, selimut, dan sarung bantal dengan rutin, setidaknya sekali dalam seminggu atau dua minggu agar kita bisa selalu menggunakan bantal dan peralatan tidur lainnya yang bersih.