Ini Alasan Mengapa Kantung Mata Menghitam Saat Tubuh Kelelahan

DokterSehat.Com– Terkadang kita baru bisatidur di larut malam atau sibuk melakukan berbagai aktifitas sehingga kelelahan. Jika hal ini terjadi, maka saat bangun tidur kita akan mengalami gejala berupa kantung mata yang berwarna hitam atau yang lebih dikenal sebagai mata panda. Sebenarnya, bagaimana bisa sih kelelahan atau kurang tidur bisa menyebabkan masalah mata panda ini?

doktersehat-minyak-kemiri-eyebrow-tebal-alis-mata-alergi

Pakar kesehatan Debra Jaliman, MD yang berasal dari Icahn School of Medicine at Mt. Sinai, New York menyebutkan bahwa menghitamnya kantung mata disebabkan oleh melebarnya pembuluh darah di bawah kulit yang ada di sekitar mata. Tak hanya itu, jaringan di bawah mata ini juga akan membengkak akibat dari adanya cairan. Tak hanya karena kurang tidur, masalah mata panda bisa disebabkan oleh berbagai hal lainnya seperti merokok, mengalami alergi, mengkonsumsi garam berlebihan, menenggak alkohol, atau terkena penyakit langka di hati, ginjal, dan tiroid.

Pakar kesehatan lainnya, Suzanne Friedler dari OC Advanced Dermatology meminta kita untuk tidak menggosok mata saat melihat kantung mata berwarna gelap. Meskipun memang terasa tidak nyaman, hal ini akan membuat masalah mata panda menjadi semakin parah akibat sensitifnya kulit kelopak mata kita.

Jika masalah kantung mata ini disebabkan oleh kurang tidur atau kelelahan, kita tinggal beristirahat dengan lebih baik di malam berikutnya dan masalah mata panda ini akan hilang dengan sendirinya. Hanya saja, jika kita ingin segera mengatasinya, kita bisa minum kopi untuk membuat pembuluh darah di sekitar mata menyempit sehingga masalah kantung mata pun bisa mereda.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi kantung mata adalah memakai krim kecantikan khusus yang memang diperuntukkan untuk mengatasi masalah ini dan menempelkan irisan mentimun agar menyegarkan kulit di sekitar mata.