Ini Alasan Mengapa Jatuh Cinta Bisa Membuat Kita Melakukan Hal-Hal Bodoh

doktersehat-pasangan-cium

DokterSehat.Com– Jatuh cinta memang bisa membuat kita mabuk kepayang. Tak hanya memikirkan segala sesuatu tentang orang yang terkasih, kita juga bisa melakukan berbagai hal yang bodoh atau gila. Sebenarnya, apakah memang jatuh cinta bisa membuat kita menjadi semakin bodoh?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa meskipun terkait dengan kondisi hormon di dalam tubuh, dalam realitanya orang yang sedang jatuh cinta memang akan mengalami kesulitan untuk melakukan kegiatan multitasking atau diminta untuk memecahkan masalah. Hal ini disebabkan oleh energi dalam tubuh yang cenderung lebih banyak habis untuk memikirkan orang yang terkasih. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Pisa, Italia, disebutkan bahwa saat jatuh cinta, kita akan mengalami euphoria, kelelahan, dan perasaan terancam karena khawatir jika sampai tidak bisa mendapatkan orang yang terkasih atau kekasih akan direbut orang lain.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa hormon-hormon seperti adrenalin, dopamine, oksitosin, norepinefrin, hingga phenylethylamine akan semakin meningkat jumlahnya di dalam otak dan membuatnya kewalahan dalam mengendalikan emosi. Hal inilah yang memicu rasa euphoria dan relaksasi. Sayangnya, kondisi ini juga akan membuat kita semakin terobsesi dengan orang yang dicinta sehingga akan membuat jantung kita cenderung semakin berdebar-debar dan mudah merasa terengah-engah.

Dalam sebuah penelitian lainnya yang dilakukan di University of College London, orang yang sedang jatuh cinta memang bisa melakukan beberapa hal yang bodoh. Hal ini disebabkan oleh perubahan kimia di dalam otak yang membuat fungsinya tidak berjalan dengan baik dan membuat mereka menjadi semakin gelisah. Bagian korteks frontal yang berperan besar dalam membuat keputusan atau menilai sesuatu justru diistirahatkan oleh otak saat sedang jatuh cinta sehingga membuat kita cenderung mudah melakukan hal-hal yang bodoh atau tidak masuk akal.

Jadi, jangan heran kalau kita melihat orang yang sedang dimabuk asmara melakukan hal-hal bodoh atau aneh ya?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik