Ini Alasan Mengapa Ibu Hamil Tidak Boleh Terkena Stress

DokterSehat.Com – Apa yang harus selalu diperhatikan ibu hamil? Jawaban pertama yang akan kita dapatkan tentu saja adalah asupan makanan yang sehat dan bergizi. Setelah itu, ibu hamil juga sebaiknya tidak terlalu banyak melakukan aktifitas yang membuatnya kelelahan. Namun, yang tak kalah penting adalah ibu hamil harus senantiasa menghindari stress karena hal ini akan berpengaruh besar bagi kesehatan janin di dalam kandungan. Seperti apakah dampak buruk stress saat kehamilan bagi sang buah hati?

doktersehat-sakit-pusing-hamil-eklamsia

Banyak orang yang menyepelekan ibu hamil yang mengalami stress, rasa frustrasi, kepanikan, atau bahkan depresi. Ada banyak sekali penyebab munculnya emosi negatif tersebut; dari karena hubungan sosial, rasa lelah karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh, atau bahkan karena tekanan pekerjaan yang berlebihan. Satu hal yang pasti, andai ibu hamil tidak mampu menjaga kadar stressnya, dikhawatirkan Ia bisa mengalami kelahiran prematur atau kondisi dimana bayi justru dilahirkan jauh sebelum jadwal kelahiran yang telah diprediksi sebelumnya. Padahal, bayi yang terlahir dengan prematur dikhawatirkan tubuhnya belum benar-benar terbentuk sempurna dan memiliki berat badan yang kurang.

Stress yang berlebihan saat kehamilan ternyata juga bisa berdampak buruk bagi perkembangan otak bayi. Selain bisa memicu masalah kecerdasan, stress selama kehamilan ternyata juga bisa berdampak pada gangguan perilaku sang buah hati setelah terlahir nantinya. Selain itu, ibu hamil yang terkena stress juga bisa mengalami gangguan tidur. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika masalah tidur akan berimbas negatif bagi kesehatan fisik ibu hamil sekaligus perkembangan dan kesehatan janin di dalam kandungan.

Andai ibu hamil mulai merasakan emosi yang negatif, cobalah untuk membicarakan hal ini pada pasangan atau keluarga sehingga ada rasa kesal atau sedih yang tersalurkan. Jika bisa, cobalah untuk mengambil cuti liburan dan nikmatilah beberapa waktu untuk menenangkan diri. Dengan stress yang terjaga, kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan pun akan tetap dalam kondisi yang baik.