Ini Alasan Mengapa Ibu Hamil Tidak Boleh Merokok

DokterSehat.Com – Salah satu hal yang harus dihindari oleh ibu hamil adalah asap rokok. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika asap rokok bisa mempengaruhi kesehatan ibu hamil sekaligus kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan dengan signifikan. Berbagai penelitian kesehatan bahkan menyebutkan jika andai ibu hamil ternyata tetap merokok, maka Ia akan meningkatkan resiko kelahiran prematur, kelahiran bayi dengan berat badan yang rendah, hingga bayi yang memiliki cacat lahir. Sebuah penelitian terkini bahkan menyebutkan jika organ ginjal pada bayi bisa mengalami kerusakan karena hal ini.

doktersehat-wanita-perokok-pendarahan-otak-permen-karet-nikotin

Makin Shinzawa, salah seorang pakar kesehatan yang melakukan penelitian di Kyoto University, Jepang, menyebutkan jika rokok mengandung berbagai zat beracun layaknya nikotin, nitrogen, polikarbonat, karbon monooksida, dan berbagai zat berbahaya lainnya. Yang menjadi masalah adalah, andai ibu hamil kerap terpapar asap rokok atau bahkan merokok, zat-zat beracun ini memiliki kemampuan untuk melintasi plasenta pada kandungan dan mempengaruhi kesehatan janin. Menurut Makin, andai hal ini terjadi, perkembangan ginjal bayi pun diyakini akan mengalami gangguan.

Fakta ini sendiri didapatkan tes urine yang dilakukan oleh 44.595 anak yang dilibatkan dalam penelitian. Dari data urine ini, pakar kesehatan bisa mengecek kadar protein yang mengindikasikan adanya kerusakan pada fungsi ginjal. Pemeriksaan tes urine ini sendiri dilakukan saat anak berusia 4 bulan, 9 bulan, 18 bulan, dan 3 tahun. Kebiasaan ibu saat hamil juga dicek dalam penelitian ini. Hasilnya adalah, ibu yang merokok saat hamil cenderung melahirkan bayi yang memiliki kadar protein dalam urine sebesar 1,7 persen. Sangat kontras dengan kadar protein pada bayi yang ibunya tidak merokok saat hamil yang hanya 1,3 persen. Saat usia bayi sudah mencapai 3 tahun, kerusakan pada fungsi ginjal bahkan bisa semakin parah.

Baca Juga:  Berapakah Suhu AC Terbaik di Kamar Bayi?

Tak hanya menjadi perokok aktif, pakar kesehatan menyebutkan jika ibu hamil yang menjadi perokok pasif atau kerap terpapar asap rokok juga memiliki resiko melahirkan anak yang memiliki masalah kesehatan ginjal.