Ini Alasan Mengapa Ibu Hamil Sebaiknya Menghindari Konsumsi Antibiotik

DokterSehat.Com – Ada sebuah anggapan yang dipercaya oleh masyarakat tanah air dimana ibu hamil sebaiknya tidak boleh jatuh sakit. Bagaimana tidak, kondisi kesehatan ibu bisa mempengaruhi kesehatan dan perkembangan buah hatinya di dalam kandungan. Bahkan, andai jatuh sakit pun, ibu hamil ternyata juga tidak boleh secara sembarangan mengkonsumsi obat-obatan karena dikhawatirkan bisa memberikan efek buruk bagi perkembangan janin.

doktersehat-vitamin-nutrisi-komponen-organik-obat-ibu-hamil-kehamilan

Salah satu jenis obat yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil adalah antibiotik. Meskipun mampu dijadikan penawar dari berbagai macam penyakit, antibiotik ternyata bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan anak baik itu saat berada di dalam kandungan atau saat sudah dilahirkan namun masih disusui.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi antibiotik ternyata bisa meningkatkan resiko radang usus pada anak di masa depan. Kandungan di dalam antibiotik yang sebenarnya ditujukan untuk melawan bakteri penyebab penyakit ternyata bisa memicu perubahan pada mikroba usus anak di dalam kandungan. Yang menjadi masalah adalah, perubahan pada tingkat mikroba ini akhirnya juga memicu ketidakseimbangan sistem yang ada dalam tubuh anak. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, perkembangan bayi akan mengalami gangguan dan resiko untuk mengalami inflamasi pada usus juga akan meningkat. Selain itu, kandungan dalam antibiotik ternyata mampu menghambat perkembangan bakteri baik pada usus yang seharusnya bisa membantu menjaga kesehatan anak. Jika hal ini terjadi, maka sistem kekebalan tubuh anak juga cenderung lebih lemah.

Jika ibu merasakan tubuhnya tidak enak badan atau jatuh sakit saat hamil atau menyusui, ada baiknya mereka tidak sembarangan minum obat dan selalu meminta resep dokter untuk menyembuhkan masalah kesehatan tersebut. Jika memang perlu, gunakan pula obat-obat alami yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil sehingga tidak mempengaruhi kondisi kesehatan anak nantinya.