Ini Alasan Mengapa Ibu Hamil Kerap Mengalami Susah Tidur

DokterSehat.Com – Tak hanya mengalami perubahan bentuk tubuh berupa berat badan yang bertambah atau perut yang semakin membesar, ibu hamil juga bisa mengalami berbagai masalah kesehatan layaknya susah tidur. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika susah tidur bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya layaknya tubuh yang lemas di pagi hari, detak jantung meningkat, hingga suasana hati yang memburuk. Sebenarnya, apa penyebab dari masalah susah tidur yang kerap dialami oleh ibu hamil ini?

doktersehat-sakit-pusing-hamil-eklamsia

Pakar kesehatan dr. Astutu, SpS(K) yang berasal dari Klinik Gangguan Tidur yang ada di Rumah Sakit Umum Pusat dr. Sardjito, Yogyakarta menyebutkan bahwa ada beberapa penyebab dari masalah insomnia yang dialami oleh ibu hamil. Hal pertama yang menyebabkan masalah ini adalah adanya gangguan psikologis pada ibu. Sebagai contoh, pada ibu yang baru saja mengalami kehamilan untuk pertama kalinya, maka mereka tentu cukup cemas dengan kondisi kesehatan atau perkembangan buah hatinya di dalam kandungan. Banyak ibu yang mengaku cemas apakah nantinya anak akan terlahir dengan tubuh yang sehat atau tidak, memiliki penyakit bawaan atau tidak, hingga memiliki kecacatan atau tidak. Jika pikiran ini terus menggelayuti ibu, maka mereka pun akan kesulitan untuk bisa tertidur dengan nyenyak.

Hal berikutnya yang bisa menyebabkan ibu hamil susah tidur adalah kondisi psikososial. Sebagai contoh, ibu mengalami kondisi lingkungan atau keluarga yang tidak mendukungnya dengan baik dalam menghadapi fase kehamilan ini layaknya faktor ekonomi atau bahkan adanya masalah dalam rumah tangganya. Hal ini tentu akan membuat beban pikiran dan pada akhirnya membuat ibu menjadi susah tidur.

Faktor lainnya yang bisa membuat ibu hamil mengalami insomnia adalah adanya karena adanya perubahan hormon saat hamil. Hal ini ternyata bisa membuat ibu tidak mudah tidur atau andaipun bisa tidur, tidurnya tidak akan benar-benar nyenyak. Tak hanya itu, adanya masalah kesehatan tertentu layaknya hipertensi atau penyakit gondok juga bisa membuat ibu hamil mengalami insomnia.