Ini Alasan Mengapa Hubungan Intim Bisa Terasa Sangat Menyenangkan

DokterSehat.Com – Banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana bisa hubungan intim bisa memberikan sensasi menyenangkan dan luar biasa. Mereka yang belum pernah merasakannya bahkan bisa begitu penasaran tentang kenikmatan dari berhubungan intim. Pakar kesehatan pun akhirnya mencari tahu bagaimana hubungan intim bisa begitu dinikmati oleh manusia dan akhirnya menemukan jawabannya. Seperti apakah jawaban tersebut?

doktersehat-pasangan-seks

Adam Safron yang merupakan ahli neuroscientist dari Brain Behaviour Cognition Program yang berasal dari Weinberg College of Arts and Schiences, Northwestern University, menyebutkan jika hubungan intim bisa menjadi sangat menyenangkan untuk dilakukan karena melibatkan hubungan fisik sekaligus psikis. Saat melakukan hubungan intim, otak pun berperan besar sebagai pusat kenikmatan dan mengendalikan penuh aktifitas kita saat berhubungan intim sehingga kita bisa memilih mana posisi atau tindakan yang menyenangkan dan mana yang tidak menyenangkan. Otak juga akan banyak melakukan komunikasi dengan saraf pada sekitar alat kelamin sehinggga banyak sinyal yang akan dikirim ke pusat kesenangan atau reward circuit pada otak yang membuat kita merasakan kebahagiaan, kepuasan, dan kenikmatan saat berhubungan intim.

Menurut Safron, kenikmatan saat berhubungan intim cenderung membanjiri semua bagian otak melalui gelombang zat kimia pada saraf sehingga kita akan cenderung sangat fokus saat berhubungan intim dan melupakan semua hal lainnya. Hal ini juga akan membuat emosi menjadi semakin dalam sehingga kita pun semakin mencintai dan terikat pada pasangan.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Socioaffective Neuroscience and Psychology ini, diketahui bahwa setiap kita mendapatkan rangsangan seksual, neuron pada otak pun semakin aktif dan saling terhubung sehingga menyebar ke seluruh otak. Saat hal ini terjadi, pikiran kita begitu fokus dengan kenikmatan hubungan intim dan terciptalah aliran listrik yang membuat kita mengalami sensasi getaran, teriakan, dan akhirnya mendapatkan orgasme.