Ini Alasan Mengapa Hidung Kita Meler Saat Cuaca Dingin

DokterSehat.Com– Saat suhu udara sedang dingin atau setelah kehujanan, sangatlah wajar jika hidung kita menjadi meler atau ingusan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Australia, disebutkan bahwa 50 hingga 90 persen orang yang mengalami hidung meler ini ternyata disebabkan oleh paparan udara dingin.

doktersehat-sinus-sinusitis-tht-hidung

David King yang berasal dari University of Queensland, Australia, menyebutkan bahwa hidung meler saat udara dingin berkaitan dengan kelembaban udara yang memasuki lubang hidung. Saat kita menarik nafas, hidung akan berusaha untuk mengubah udara menjadi lebih hangat dan basah sehingga tidak akan melukai sel pada paru-paru. Sayangnya, fungsi ini akan terganggu tatkala udara dingin dan kering memasuki hidung. Hal ini justru akan mengaktifkan respons pembuluh darah dengan meningkatkan aliran darah pada hidung untuk membuatnya lebih hangat. Kondisi ini juga memicu bertambahnya produksi cairan atau mucus pada hidung demi meningkatkan kelembaban udara yang masuk ke paru-paru. Hal inilah yang akhirnya membuat kita ingusan atau mengalami hidung meler.

Bagi mereka yang mengidap asma atau alergi, masalah hidung meler ini bisa menjadi lebih parah karena sistem kekebalan tubuh mereka cenderung lebih aktif dari orang biasa.

Meskipun cukup merepotkan karena akan membuat kita terus menggunakan tisu atau saputangan untuk membersihkan hidung, masalah hidung meler ini normal dan tidak memerlukan pengobatan apapun. Asalkan tubuh kita berada dalam kondisi yang sehat dan bugar, kita tidak perlu mengkhawatirkan adanya penyakit tertentu yang menyertai hidung meler ini.