Ini Alasan Mengapa Hamil Terlalu Muda Berbahaya Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika mereka yang hamil pada usia masih belasan tahun sebagai mereka yang hamil di usia yang terlalu muda. Cukup banyak faktor yang menyebabkan seseorang bisa hamil di usia yang terlalu muda ini; dari yang memang menikah di usia remaja, hingga mereka yang mengadopsi gaya hidup seks bebas. Satu hal yang pasti, pakar kesehatan menyebutkan jika hamil di usia terlalu dini bisa berbahaya bagi kesehatan. Sebenarnya, apa sajakah resiko dari hamil di usia terlalu dini?

doktersehat-sakit-pusing-hamil-eklamsia

Melahirkan bayi cacat
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ibu yang hamil di usia remaja ternyata bisa meningkatkan resiko terkena berbagai komplikasi kehamilan tertentu sehingga akan membuat bayi bisa saja terlahir dengan kondisi cacat.

Mudah mengalami stress
Hamil pada usia yang belum matang ternyata bisa menyebabkan ibu mengalami stress, baik itu stress secara fisik maupun psikis. Usia remaja memang cenderung membuat ibu hamil ini memiliki emosi yang belum stabil. Tak hanya itu, secara mental, banyak ibu hamil di usia terlalu muda yang sebenarnya belum siap untuk menjalani kehamilan. Mereka juga belum memiliki pengetahuan yang cukup untuk menghadapi berbagai masalah kehamilan layaknya stress tersebut. Jika stress ini dibiarkan, maka ibu hamil bisa mengalami depresi yang pada akhirnya bisa berujung menjadi keguguran.

Melahirkan bayi secara prematur
Andai ibu hamil pada usia di bawah 20 tahun, maka organ-organ pendukung kehamilan dalam tubuhnya belum matang sehingga belum benar-benar siap untuk hamil. Alhasil, air ketuban bisa mudah pecah dan akhirnya menyebabkan kelahiran bayi yang prematur.

Masalah tekanan darah tinggi dan anemia
Ibu yang hamil di usia terlalu muda beresiko tinggi terkena masalah tekanan darah tinggi dan preeklamsia yang bisa memicu kerusakan organ tubuh tertentu. Tak hanya itu, ibu hamil juga beresiko tinggi terkena anemia yang juga bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan janin. kelahiran bayi yang prematur, hingga mengalami kesulitan saat melahirkan.