Ini Alasan Mengapa Dokter Memakai Mantel Putih

DokterSehat.Com– Jika kita membayangkan seperti apa rupa dokter, hal pertama yang akan terpikirkan tentu saja adalah seseorang dengan mantel berwarna putih. Memang, mantel berwarna putih telah menjadi sesuatu hal yang melekat bagi para dokter. Tak disangka pemilihan mantel putih ini ada makna dan sejarahnya lho.

doktersehat-konsultasi-nyeri-lutut

Joseph Lister, seorang dokter dari Inggris pada sekitar abad ke-20 silam mengemukakan gagasan tentang penggunaan mantel putih agar masyarakat lebih mudah mengenali seorang dokter. Yang menarik adalah, mantel putih dianggap sebagai penanda kualitas bagi para ahli bedah mengingat mereka cenderung kerap bersinggungan dengan darah manusia yang berwarna merah, warna yang kontras dengan warna putih pada mantel. Dengan mantel yang tetap bisa terjaga warna dan kebersihannya, ada anggapan yang diyakini masyarakat bahwa dokter ini pasti bisa dipercaya dan mampu menyembuhkan penyakit.

Dalam ilmu kolorimetri atau ilmu yang mempelajari warna dalam mempengaruhi cara berpikir manusia, warna putih ternyata bisa membuat kita berpikir tentang kemurahan hati, keterbukaan, hingga kemurnian. Adanya pengaruh dari warna putih ini diharapkan mampu membuat pasien berpikir lebih positif dan mempercayai dokter yang menangani kondisi kesehatan mereka. Hal ini tentu akan berpengaruh besar pada kemungkinan kesembuhan pasien. Tak hanya itu, warna putih mantel juga disebut-sebut bisa membantu dokter berkonsentrasi dengan lebih baik. Hal ini sesuai dengan hasil sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa bekerja dengan pakaian putih ternyata bisa membantu kita fokus dengan jauh lebih baik.

Meskipun terlihat sepele, dalam realitanya kita memang sangat memperhatikan kebersihan atau kerapian pakaian yang dikenakan orang lain dan hal ini bisa mempengaruhi pendapat kita pada orang tersebut. Bayangkan saja jika dokter yang kita temui terlihat kurang bersih dan rapi, kita tentu akan kurang yakin padanya, bukan?