Ini Alasan Mengapa Berolahraga Baik Untuk Dilakukan Saat Perut Kosong

DokterSehat.Com– Apakah kita perlu makan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga? Sebagian orang menyebutkan jika hal ini perlu untuk dilakukan namun sebagian lainnya menganggap hal ini justru akan membuat perut terasa tidak nyaman saat melakukan latihan fisik. Namun, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Jurnal Amerika, Fisiologi, Endokrinlogi, dan Metabolisme, baru-baru ini menyebutkan bahwa ada baiknya kita berolahraga saat perut dalam kondisi kosong karena bisa memberikan manfaat kesehatan jangka panjang. Apa sajakah manfaat tersebut?

doktersehat-sayuran-olahraga

Adalah Dylan Thompson yang berasal dari Bath University di Inggris yang melakukan penelitian untuk mencari tahu seperti apa efek makan sebelum berolahraga dan seperti apa efek berolahraga dalam kondisi perut yang masih kosong. Hasilnya adalah, keduanya ternyata bisa mempengaruhi jaringan lemak pada tubuh.

Jika kita makan sebelum berolahraga, maka jaringan lemak justru akan sibuk merespon makanan yang sudah masuk ke dalam saluran pencernaan tersebut sehingga tubuh pun tidak benar-benar mendapatkan memberikan reaksi pada aktifitas fisik dengan maksimal. Alhasil, rangsangan perubahan jaringan lemak yang biasanya terjadi saat berolahraga pun tidak akan terjadi dengan maksimal. Jika kita berolahraga dengan perut kosong, maka jaringan lemak di dalam tubuh bisa mengalami perubahan sehingga kita pun akan menurunkan berat badan sekaligus mencegah datangnya berbagai penyakit dengan lebih baik.

Dalam penelitian ini, sekelompok pria dengan masalah berat badan diminta untuk berjalan kaki selama 60 menit dengan kadar oksigen di dalam tubuh mencapai 60 persen. Pada percobaan pertama, para pria ini melakukan olahraga dengan perut kosong dan di percobaan kedua, mereka berjalan kaki selama 2 jam setelah mengkonsumsi makanan yang kaya karbohidrat. Setelah dicek sampel darah dan sampel jaringan lemak sebelum dan sesudah berjalan kaki, diketahui bahwa ada perbedaan gen jaringan lemak dari dua penelitian tersebut.

Baca Juga:  Jangan Pernah Melakukan Hal Ini Saat Perut Masih Kosong

Para pria yang berolahraga dengan perut kosong mengalami peningkatan ekspresi gen PDK4 dan HSL yang menandakan penggunaan lemak sebagai bahan bakar sistem metabolisme tubuh, bukannya karbohidrat dari makanan yang baru saja kita konsumsi.

Dengan adanya fakta ini, ada baiknya memang berolahraga saat perut masih dalam kondisi kosong saja.