Ini Alasan Mengapa Bayi Tidak Boleh Minum Air Putih

bayi-bedong-doktersehat

DokterSehat.Com– Bagi orang dewasa, air putih adalah salah satu minuman paling sehat yang bisa dikonsumsi. Hanya saja, hal ini tidak berlaku bagi bayi. Jika kita memberikan air putih bagi bayi, bisa jadi mereka akan mengalami gangguan kesehatan atau bahkan bisa memicu kematian. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa jika bayi sampai minum air putih, maka Ia akan mengalami penurunan kadar natrium dalam tubuh yang bisa berimbas pada sulitnya nutrisi lainnya diserap oleh tubuhnya. Jika sampai hal ini terjadi, tubuhnya beresiko akan mengalami kejang-kejang dan bisa berimbas pada kematian. Karena alasan ini pulalah, pakar kesehatan Danielle Stringer dari Childnurse.com hanya merekomendasikan ASI bagi bayi yang berusia kurang dari enam bulan. Selain itu, bayi juga bisa mendapatkan susu formula jika memang ibu kesulitan menyediakan ASI dengan cukup. Untuk asupan lainnya, termasuk air putih, ada baiknya bayi tidak mengkonsumsinya terlebih dahulu.

Lantas, mengapa air putih bisa sampai menyebabkan kejang-kejang, koma, atau bahkan kematian otak pada bayi? Stringer menyebutkan bahwa sel-sel tubuh bayi akan menyerap air tersebut dan akhirnya menyebabkan pembengkakan, yang sayangnya juga terjadi pada otak dan akhirnya memicu gejala kesehatan yang sangat berbahaya tersebut.

Jika tidak minum air putih, apakah bayi tidak akan mengalami dehidrasi? Ibu tidak perlu mengkhawatirkannya karena 88 persen kandungan ASI adalah air sehingga tentu akan tidak mudah terkena dehidrasi. Selain itu, ASI juga memiliki kandungan lain dengan komposisi yang pas bagi kebutuhan bayi sehingga mereka pun bisa tumbuh dengan sehat dan maksimal.

Lantas, bagaimana jika bayi hanya mendapatkan susu formula, bukannya ASI? Stringer menyebutkan bahwa bayi akan kekurangan asupan kalori dan nutrisi lainnya yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang. Selain itu, jika susu formula yang mereka konsumsi encer, tubuh bayi juga dikhawatirkan akan mengalami pembengkakan.