Ini Alasan Mengapa Bayi Sering Muntah Setelah Minum ASI

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, bayi terkadang muntah setelah mengkonsumsi ASI. Bagi sebagian orang tua, hal ini sangat wajar terjadi dan disebut sebagai gumoh. Yang menjadi masalah adalah, mengingat ASI adalah satu-satunya makanan bagi bayi yang mendapatkan ASI eksklusif pada enam bulan pertama kehidupannya, maka Ia pun akan mengalami kekurangan asupan nutrisi jika kerap mengalami muntah-muntah. Sebenarnya, apa sajakah penyebab bayi kerap muntah setelah minum ASI?

doktersehat-asi-ibu-menyusui-anak-cerdas

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ASI memang memiliki nutrisi dan kebaikan yang sangat dibutuhkan oleh bayi untuk tetap sehat dan berkembang dengan maksimal. Hanya saja, ASI sangatlah dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Jika ibu kurang baik dalam menjaga pola makannya dan kerap mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, maka dikhawatirkan hal ini bisa memicu masalah refluks asam lambung pada perut bayi setelah mengkonsumsi ASI dan membuatnya kerap muntah.

Berikut adalah beberapa makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari ibu menyusui agar buah hatinya tidak mudah muntah setelah minum ASI.

Kafein
Minuman berkafein tinggi layaknya kopi atau minuman bersoda bisa saja mempengaruhi ASI sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi dengan berlebihan.

Makanan pedas
Meskipun bisa memberikan sensasi rasa yang mantap, makanan pedas bisa mengiritasi perut dan usus sehingga bisa saja memicu masalah asam lambung pada bayi setelah minum ASI.

Gorengan
Jangan terlalu banyak makan gorengan karena makanan ini kaya akan lemak jahat yang bisa mengganggu kesehatan tubuh, termasuk dalam hal mempengaruhi pencernaan bayi.

Jus buah kemasan
Buatlah jus buah sendiri, bukannya membeli jus buah kemasan yang cenderung kaya akan bahan pengawet, bahan kimia, dan pemanis buatan. Bahan makanan ini kurang sehat bagi kesehatan bayi.