Ini Alasan Mengapa Bayi Menyusui Kerap Buang Angin

DokterSehat.Com – Salah satu hal yang sangat melegakan orang dewasa adalah saat buang angin. Sayangnya, bagi bayi, khususnya yang masih menyusui, hal ini ternyata bisa menjadi hal yang kurang nyaman dan menyakitkan. Bayi yang sering buang angin menandakan produksi gas pada perutnya cukup banyak dan hal ini akan membuatnya merasa tidak nyaman dan cenderung rewel. Mengingat bayi hanya mendapatkan asupan ASI dari ibunya, maka penyebab dari seringnya bayi buang angin adalah apa yang dimakan oleh ibu.

doktersehat-bayi-menangis

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa makanan apapun yang dikonsumsi oleh ibu menyusui akan diolah menjadi nutrisi di dalam ASI yang dikonsumsi oleh bayi. Karena alasan inilah ada baiknya ibu menyusui tidak sembarangan mengkonsumsi makanan. Beberapa produk makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan oleh ibu menyusui adalah produk olahan susu layaknya susu, keju, dan yoghurt. Meskipun termasuk dalam makanan dan minuman yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, dalam realitanya, produk olahan susu ini bisa membuat saluran pencernaan bayi memproduksi lebih banyak gas dan akhirnya membuat mereka lebih sering buang angin.

Mengingat produk olahan susu sangat kaya akan kalsium yang sangat penting bagi perkembangan bayi, apakah membatasi jenis makanan ini bisa berpengaruh buruk bagi tumbuh kembang bayi? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa asalkan kita mengkonsumsi makanan lain yang juga kaya akan kandungan kalsium, maka perkembangan bayi tidak perlu dikhawatirkan.

Tak hanya produk olahan susu, ada baiknya ibu menyusui juga tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan-makanan yang terbuat dari bahan gandum, kacang-kacangan, dan juga telur yang juga bisa menyebabkan bayi lebih sering buang angin. Dengan menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang, maka bayi bisa tumbuh dengan baik dan tidak mudah rewel karena adanya masalah pada saluran pencernannya.