Ini Alasan Mengapa Banyak Perokok yang Bersuara Serak

DokterSehat.Com– Jika kita mencermati, para perokok memiliki ciri-ciri khusus pada tubuhnya seperti bau mulut, bibir yang cenderung lebih gelap, gigi yang kekuningan atau bahkan rusak, hingga suara yang cenderung serak. Sebenarnya, apa penyebab dari suara serak pada para perokok ini?

doktersehat-rokok-ganja

Pakar kesehatan spesialis telinga, hidung, tenggorokan, kepala dan leher dari Rumah Sakit Pondok Indah bernama dr. Zainal Adhim, SpTHT-KL(K) menyebutkan bahwa kebiasaan merokok memang bisa berpengaruh buruk bagi kualitas suara kita. Hal ini disebabkan oleh terganggunya drainase lendir pada tenggorokan. Jika biasanya lendir ini mengalir dari hidung menuju mulut dan tenggorokan, maka lendir ini cenderung sudah kering saat mencapai bagian laring pada tubuh para perokok. Hal ini akhirnya memicu batuk-batuk yang berlebihan sehingga akhirnya memicu pergerakan pita suara yang memicu suara serak. Selain itu, kondisi lendir yang kering ini juga akan memicu peradangan kronis pada tenggorokan, khususnya pada pita suara.

Tak hanya mampu memicu suara serak, dr. Zainal menyebutkan bahwa kandungan beracun pada rokok sangatlah berbahaya dan memiliki sifat karsinogen atau bisa memicu kanker. Hal ini berarti, selain bisa memicu gangguan pada saluran pernafasan atau organ jantung, kandungan rokok ini juga bisa memicu kanker. Beliau sendiri menyebutkan bahwa para perokok berat yang mulai mengalami sensasi suara serak pada tubuhnya ada baiknya mulai mewaspadai gejala kanker laring, salah satu kanker yang tidak bisa disepelekan dan sangat berbahaya.

Melihat betapa mengerikannya dampak buruk dari kandungan beracun rokok ini, ada baiknya memang kita selalu menghindari asap rokok dengan cara tidak merokok dan tidak menjadi perokok pasif.