Ini Alasan Mengapa Banyak Perokok Juga Hobi Minum Kopi. Ternyata Besar Manfaatnya

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, kebanyakan perokok juga memiliki hobi minum kopi. Entah bagaimana ceritanya, ada sebuah kaitan erat antara kebiasaan minum kopi dan merokok ini. Tak disangka, minum kopi ternyata memang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan para perokok, yakni menurunkan kanker kandung kemih dengan signifikan.



Dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal kesehatan berjudul British Medical Journal ini, disebutkan bahwa ada 1.000 kasus masalah kesehatan yang berkaitan dengan kebiasaan merokok yang dipelajari. Para perokok yang dicek kondisi kesehatannya juga dicek kebiasaan minum kopinya. Hasilnya adalah, kebiasaan merokok memang bisa memicu datangnya penyakit kanker kandung kemih dimana resiko terkena penyakit ini bisa meningkat hingga 2 kali lipat atau lebih. Namun, jika para perokok ini mengkonsumsi setidaknya tiga cangkir kopi dalam seminggu, maka resiko terkena penyakit ini akan menurun dengan signifikan, yakni setara dengan yang dimiliki oleh para pecinta kopi yang tidak merokok. Bahkan, jika para perokok ini sama sekali tidak minum kopi, resiko terkena penyakit ini akan meningkat hingga 7 kali lipat jika dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

Kandungan kafein pada kopi disebut-sebut memang bisa menurunkan pengaruh racun dari asap rokok. Karena alasan inilah ada baiknya memang para perokok yang masih belum bisa menghentikan kebiasaan ini rutin mengkonsumsi kopi demi menjaga kondisi kesehatannya.

Hanya saja, jika kita memang sudah berniat untuk berhenti merokok, segeralah melakukannya sebelum terkena masalah kesehatan yang berbahaya. Jika kita berhasil melakukannya dan tetap rutin minum kopi dengan jumlah yang moderat, maka tubuh pun akan mendapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa.