Ini Alasan Mengapa Banyak Orang yang Tidak Sadar Mengalami Bau Mulut

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang mengaku tidak sadar jika dirinya sedang mengalami masalah bau mulut. Mereka baru menyadarinya saat ada orang yang merasa tidak nyaman saat berbincang-bincang dengan mereka. Padahal, secara logika mulut berada dalam posisi yang sangat dekat dengan indera penciuman, bukan? Lantas, apa yang membuat mereka tidak menyadarinya?

doktersehat-mulut-bau

Pakar kesehatan Kumaladewi, DVM, MFSc dari Johnson & Johnson Indonesia menyebutkan bahwa mereka yang mengalami masalah bau mulut memang cenderung tidak tahu jika mereka sedang mengalami masalah ini. Hal ini disebabkan karena mereka sudah terbiasa dengan bau tersebut sehingga tidak menganggapnya sebagai suatu masalah, persis seperti yang dialami oleh mereka yang mengalami masalah bau badan. Mereka baru menyadarinya jika ada orang lain yang tidak nyaman atau memberitahukan masalah ini padanya.

Jika kita ingin mencari tahu apakah kita mengalami masalah bau mulut atau tidak, Kumaladewi menyarankan kita untuk menjilat pergelangan tangan kita. Setelah didiamkan beberapa saat, cobalah untuk mencium bau dari pergelangan tangan yang dijilat terebut. Jika baunya sangat tidak enak, berarti kita memang sedang mengalami masalah bau mulut.

Kumaladewi menyarankan kita untuk melakukan beberapa hal ini jika ingin mencegah datangnya masalah bau mulut. Cara pertama adalah dengan menyikat gigi secara rutin setelah makan dan sebelum tidur selama setidaknya 2 hingga 3 menit. Selain itu, ada baiknya kita juga menggunakan obat kumur setidaknya dua kali dalam sehari dengan takaran 20 mililiter selama 30 detik. Berbeda dengan menyikat gigi yang hanya akan menjangkau sekitar 25 persen dari bagian mulut, obat kumur bisa menjangkau seluruh bagian mulut dalam melawan berbagai bakteri penyebab bau mulut.