Ini Alasan Mengapa Banyak Orang Gemuk yang Susah Kurus

DokterSehat.Com– Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menjaga berat badannya tetap ideal atau menurunkan berat badannya. Sebagai contoh, ada yang bisa dengan mudah menurunkan berat badan meskipun tidak harus melakukan program diet ketat atau olahraga rutin. Namun, ada pula orang yang sudah berusaha menata pola makannya sebaik mungkin dan bahkan berolahraga dengan sangat keras namun berat badannya hanya turun dengan seberapa. Apa penyebab dari hal ini?

doktersehat-anak-kecil-kegemukan-obesitas

Jurnal kesehatan berjudul Lancet menyebutkan bahwa banyak orang gemuk yang ternyata tubuhnya memiliki sistem biologis yang membuat mereka cenderung susah menurunkan berat badan. Bahkan, andai berat badan sudah turun, kecenderungan untuk naik lagi sangat mungkin terjadi.

Mereka yang gemuk  namun susah untuk kurus ini bahkan sudah berusaha untuk menurunkan asupan kalori hariannya. Meskipun bermaksud baik, hal ini justru akan memicu sistem biologis tubuhnya untuk menagih asupan kalori tambahan sehingga membuat mereka mudah lapar. Jika hal ini dituruti, maka konsumsi kalori dari makanan atau camilan yang berlebihan akhirnya akan kembali menaikkan berat badan.

Karena alasan inilah, pakar kesehatan menyarankan mereka yang ingin menurunkan berat badannya sebaiknya tidak melakukan diet ekstrim. Pastikan untuk berkonsultasi dengan pakar diet agar bisa mendapatkan diet yang tepat dan tidak menyiksa tubuh karena diet jenis ini justru biasanya kurang sehat dan bisa membuat kita semakin kesulitan mendapatkan berat badan yang ideal. Selain itu, pastikan untuk menjaga gaya hidup yang sehat seperti menerapkan pola makan dengan kadar gizi yang seimbang, rutin berolahraga, dan selalu tidur dengan waktu yang cukup.