Ini Alasan Mengapa Anak Seringkali Susah Dibangunkan dan Malas Sekolah

DokterSehat.Com– Setiap orang tua tentu pernah mengalami kejadian dimana anaknya tidak mau dibangunkan dari tidurnya dan tetap saja meringkuk di kasurnya meskipun sudah waktunya bersiap-siap untuk berangkat sekolah. Meskipun orang tua sudah sampai marah, tetap saja sang anak malas untuk beranjak dari kasurnya karena merasa mengantuk. Sebenarnya, apa sih alasan dari anak yang susah dibangunkan dari tidurnya ini?



Pakar kesehatan menyebutkan bahwa penyebab dari anak yang susah dibangunkan dan malas bersekolah adalah kurang tidur. Berbeda dari orang dewasa yang bisa tidur 6 hingga 8 jam saja dalam sehari dan tubuhnya sudah terasa bugar, anak-anak bisa membutuhkan waktu hingga 10 jam untuk tidur. Jika anak tidur dengan waktu yang cukup, maka bangun pagi bukanlah menjadi masalah bagi mereka. Sebaliknya, jika mereka tidur kurang dari waktu tersebut, mereka pun akan masih mengantuk, lesu, dan malas untuk bangun pagi. Tak hanya itu, mereka juga sangat lambat dan malas-malasan untuk mandi, sarapan, dan cenderung mudah rewel.

Yang menjadi masalah adalah, kadangkala acara televisi atau bermain gadget bisa membuat anak-anak keasyikan dan tidak segera tidur saat mereka sebenarnya sudah mengantuk. Orang tua tentu harus pandai-pandai dalam mensiasati waktu di malam hari agar anak bisa tidur dengan cepat. Sebagai contoh, sekitar setengah jam sebelum tidur, anak sudah dibuatkan susu hangat, diminta untuk menyikat gigi, atau sudah ditempatkan di kasur. Dengan melakukannya, anak akan terbiasa bahwa jam tersebut adalah saat dimana mereka harus segera tidur sehingga akan mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Selain itu, ada baiknya kita sudah menjauhkan gadget atau peralatan elektronik lainnya dari anak agar mereka tidak tertarik untuk memainkannya sehingga tidak kunjung tidur.