Ini Alasan Mengapa Akhir Pekan Sebaiknya Kita Pergi Ke Pantai

DokterSehat.Com – Telah banyak penelitian kesehatan yang menyebutkan besarnya manfaat dari berwisata di akhir pekan. Tak hanya mampu menurunkan stress, hal ini juga akan membuat tubuh menjadi lebih bugar dan segar. Salah satu tempat yang banyak dikunjungi di akhir pekan adalah pantai. Tak hanya mampu membuat kita menikmati pemandangan indah dan semilir angin yang segar, pakar kesehatan menyebutkan bahwa pergi ke pantai akan memberikan banyak dampak positif bagi tubuh seperti sebagai berikut.

doktersehat-rio-de-janeiro-virus-zika-pantai-laut-kotor

Meningkatkan produksi hormon bahagia
Tak hanya menurunkan kadar stress, menikmati air laut, sinar matahari, dan juga semilir angin pantai bisa membuat tubuh meningkatkan produksi hormon serotonin, hormon yang membuat tubuh menjadi lebih rileks sekaligus lebih berbahagia.

Mendapatkan vitamin D
Tak hanya bisa didapatkan dari makanan, vitamin D juga bisa didapatkan dari sinar matahari yang bisa dinikmati saat kita berada di pantai. Hanya saja, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menikmati sinar matahari pagi di pantai yang sangat menyegarkan. Dengan mendapatkannya, maka kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan akan meningkat.

Membuat tidur lebih berkualitas
Jika kita menikmati pantai sekaligus berjemur selama beberapa jam saja, maka tubuh akan melakukan penataan kembali pada hormon-hormonnya sehingga menjadi lebih seimbang. Hal ini ternyata bisa menurunkan kecemasan sekaligus membuat tidur kita di malam hari menjadi lebih nyenyak.

Membantu merawat kulit
Bermain di pantai ternyata bisa membantu kita merawat kulit secara alami. Terpaan air laut dan pasir ternyata bisa membantu tubuh melakukan proses eksfoliasi secara alami. Tak hanya itu, kulit juga akan terdetoksifikasi dengan lebih baik mengingat sinar matahari mampu membuka pori-pori kulit dan akhirnya membantu mengeluarkan racun. Air laut juga memiliki sifat anti bakteri yang akan membunuh bakteri atau jamur yang ada dalam kulit kita.