Ini Alasan Mengapa Ada Lagu yang Terus Terngiang-Ngiang Dalam Pikiran Kita

DokterSehat.Com – Kita tentu pernah merasakan adanya lagu yang terus terngiang-ngiang dalam pikiran kita hingga berjam-jam atau bahkan berhari-hari lamanya. Beberapa orang berkata jika ada kemungkinan lagu tersebut memang cocok dengan selera kita atau memang sesuai dengan suasana hati yang sedang dirasakan. Namun, sebenarnya adakah alasan mengapa ada lagu yang terus terngiang-ngiang dalam pikiran kita?

doktersehat-gadget-handphone-chat-earphone

Pakar psikologi Kelly Jakubowski dari Goldsmiths, University of London menyebutkan jika ada alasan spesifik yang membuat sebuah lagu lebih lama terngiang-ngiang dalam pikiran kita. Ia sendiri menyebutkan jika ada sebuah penelitian yang melibatkan setidaknya tiga ribu orang untuk mencari tahu apa penyebab dari hal ini dan hasilnya adalah; kombinasi dari melodi yang mudah diingat dan musik tempo yang cenderung upbeat akan membuat sebuah lagu menjadi lebih lama terngiang di dalam telinga kita.

Menurut Jakubowski, ada kecenderungan jika lagu yang bisa membuat kita terngiang-ngiang adalah lagu dengan tempo yang cenderung cepat dan memiliki melodi yang cenderung menyenangkan. Sebagai contoh, kita tentu akan sangat mudah menyanyikan kembali lagu “Twinkle Twinkle Little Star”, bukan? Selain itu, lagu dengan pola pitch yang cenderung naik turun layaknya lagu dari Maroon 5 berjudul “Moves Like Jagger” hingga lagu dengan interval yang cenderung unik layaknya lagu rock klasik dari Deep Purple berjudul “Smoke On the Water” juga akan lebih mudah dihapalkan oleh pikiran kita.

Memang, setiap orang memiliki selera masing-masing yang bisa membuat sebuah lagu terus terngiang-ngiang dalam pikirannya. Namun, beberapa jenis lagu dengan nada-nada tertentu ternyata memang bisa mempengaruhi otak kita sehingga akan terus terngiang dalam pikiran kita. Karena alasan inilah ada beberapa lagu yang sebenarnya tidak kita sukai namun bisa dengan mudah kita hapalkan di luar kepala.