Ini Akibatnya Jika Anda Sering Stres

Dokter Sehat – Hidup sudah terlalu susah lalu mengapa Anda lebih memilih untuk stres? Memang tidak dapat di hindari tuntutan hidup dan problema lainnya terkadang membuat Anda lebih mudah mengalami stres. Tahukah Anda? jika Anda sering stres banyak sekali dampak negatif yang berhubungan dengan kesehatan Anda. Sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk sekedar rileks atau refreshing untuk mengurangi stres.



Inilah beberapa dampak kesehatan jika Anda sering stress :

•Menurunya Fungsi Immune
Ketika Anda mengalami stres yang berlebihan, sistem kekebalan tubuh Anda cenderung menurun, kartisol dalam tubuh cenderung menekan sistem immune dan hal inilah yang akan membuat Anda mudah mengalami sakit. So, usahakan untuk rileks dan refresing ketika Anda sedang mengalami stres.

•Risiko Penyakit Jantung
Stres yang Anda alami dapat membuat Anda terkena risiko penyakit jantung, meningkatnya kadar protein dalam dalam darah dapat menyebabkan penyakit jantung di kemudian hari. Dan parahnya lagi stres dapat mengubah sistem pembekuan darah dan dapat membuat Anda terkena serangan jantung.

•Tekanan Darah Tinggi
Jika Anda mengalami stres yang terlalu berlebihan hal ini akan meningkatkan tekanan darah Anda, bisa saja Anda akan terkena darah tinggi yang kronis dan parahnya adalah risiko stroke dan serangan jantung. So, cegah stres sebelum terlambat ya ladies.

•Gula Darah Meningkat
Dalam keadaan stres kartisol dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh Anda. Biasanya gula darah akan normal setelah hilangnya rasa stres. Namun, stres yang parah memungkinkan gula darah untuk tidak kembali normal, hal inilah yang menyebabkan risiko diabetes.

Tips menghilangkan stress

•Kembangkan keteraturan
Berbenahlah, singkirkanlah barang-barang yang tidak dipakai. Anda bisa memulihkan rasa tenang kepada sebuah ruangan dengan pilih dan singkirkan selama tiga puluh menit.

Baca Juga:  Tahu dan Makanan Berikut Ini Ternyata Kurang Baik Bagi Kesehatan Otak

•Alihkan focus Anda
Mengalihkan perhatian bisa memberikan istirahat terhadap otak Anda dari pemecahan masalah serta beban, tidak mungkin dikuasai rasa kuatir kalau ada sesuatu hal lain yang menarik minat Anda.

•Luangkanlah waktu untuk berolahraga
Hilangkanlah tekanan dari tubuh Anda lewat dua puluh menit aerobic

•Terbukalah kepada orang lain
Utarakanlah ketegangan Anda kepada teman yang bisa dipercaya

•Kembangkan pilihan lain
Gantilah saluran di otak Anda, pemecahan masalah lebih efektif kalau pikiran kita sering beristirahat dari suatu masalah ketimbang terus terobsesi dengannya.

•Ambilah waktu untuk bersaat teduh
Jadwalkanlah beberapa waktu istirahat singkat sepanjang hari untuk memperlambat kerja otak dan tubuh, dengarkanlah musik yang membuat rileks. Berdoalah dan merenung untuk menyejukkan jiwa.

•Tuntaskanlah urusan yang belum selesai
Perbaikilah apabila mungkin, berikanlah ampun ketimbang memendam gerutu.

•Lepaskanlah
Kalau kewalahan, mundurlah, berilah waktu kepada diri sendiri, dan berhentilah berusaha terlalu keras. Segalanya tidaklah harus dituntaskan hari ini juga.

•Bertekunlah
Menghindar hanya akan menambah kecemasan, evaluasilah apa yang dapat dilakukan, dan kerjakanlah itu. Janganlah terperangkap dalam pendekatan segalanya atau tidak sama sekali.