Ini Akibatnya Bila Sering Mengonsumsi Makanan yang Sama!

Doktersehat.com – Pola makan yang sama tiap harinya tak hanya membuat Anda bosan tapi juga berpengaruh terhadap kualitas tidur.



Menurut penelitian dari Universitas Pennyslvania mengonsumsi makanan yang bernutrisi tapi tidak bervariasi tetap saja berdampak pada kualitas tidur di malam hari.

Kesimpulan itu diperoleh dari analisa data ribuan orang yang dikumpulkan oleh Center for Disease Control and Prevention.

Para peneliti menjelaskan adanya hubungan antara variasi makanan dengan kualitas tidur seseorang setelah dilakukan perbandingan terhadap pola makan harian dan pola tidur tiap orang,

Seorang peneliti, Michael Grandner mengungkapkan bahwa kualitas tidur seseorang makin baik bila makanan yang dikonsumsi makin bervariasi. Seseorang yang kualitas tidurnya kurang baik biasanya memiliki pola makan yang kurang karbohidrat, protein, dan nutrisi lain seperti zinc, zat besi, dan mineral lainnya.

Selain itu, Grander juga menjelaskan bahwa orang yang kualitas tidurnya kurang baik biasanya mengonsumsi kalori yang lebih banyak. Hal ini diduga akibat gangguan keseimbangan hormon atau kebiasaan ngemil yang sulit ditahan.

Pada dasarnya kinerja tubuh tergantung dari pola makan dan tidur. Namun, masih belum diketahui bagaimana pola tidur dan pola makan saling mempengaruhi satu sama lain.

Mengonsumsi makanan bernutrisi bisa membantu tidur lebih nyenyak atau kualitas tidur yang baik bisa memicu Anda untuk mengonsumsi makanan bernutrisi.

Sejauh ini penelitian-penelitian hanya menemukan kaitan kualitas tidur yang jelek dengan kurangnya kalsium, magnesium, dan zat besi.

“Pola makan yang sehat pada akhirnya membantu tubuh bekerja dengan baik sehingga kualitas tidur pun meningkat,” kata Grander.

Sumber: kompas.com