Ini Akibat Buruk Mengkonsumsi Alkohol di Malam Hari

DokterSehat.Com – Entah darimana asalnya, namun minuman beralkohol kini menjadi minuman yang sangat identik dengan dunia malam. Banyak orang yang bahkan menganggap minuman beralkohol sebagai minuman yang bisa menghilangkan stres bagi mereka yang baru saja merasakan hari yang sibuk dan penat di tempat kerja. Padahal, dalam realitanya, minuman beralkohol sangatlah buruk bagi kesehatan tubuh kita. Penelitian terbaru bahkan menyebutkan jika konsumsi alkohol, apalagi yang dilakukan di malam hari, akan memiliki efek samping pada kualitas tidur kita dengan signifikan. Apa yang sebenarnya terjadi?

doktersehat-penyakit-hati-alkoholik-jantung

Sebuah penelitian dilakukan oleh tim yang dipimpin oleh Timothy Roehrs dari Sleep Disorders and Research Center of Detroit’s Henry Ford Hospital. Penelitian ini menghasilkan fakta menarik dimana kandungan alkohol ternyata berpengaruh besar pada menurunnya aktivitas otak yang berkaitan dengan kemampuan tubuh agar bisa segera tertidur dengan cepat. Memang, dalam realitanya, konsumsi alkohol bisa membuat kita cepat untuk mengantuk dan kemudian tertidur atau tidak sadarkan diri. Sayangnya, kita juga akan menjadi lebih mudah terbangun di tengah malam dan bahkan sulit untuk memejamkan mata kembali.

Kandungan di dalam alkohol ternyata berpengaruh besar pada siklus tidur tubuh, khususnya pada fase tidur pertama dan kedua, tergantung dari sebanyak apa minuman beralkohol yang kita konsumsi. Kandungan alkohol juga berpengaruh besar pada fase Rapid Eye Movement (REM), fase dimana kita dalam kondisi tidur yang paling dalam dimana otak memproses banyak hal yang telah terjadi dan menjadikannya ingatan dalam jangka panjang.

Andai kita mengalami masalah pada siklus tidur pertama akibat dari mengkonsumsi minuman beralkohol di malam hari, maka kita pun akan terbangun dengan kepala yang sakit dan tubuh yang sangat lelah dan terasa tidak fit. Kita pun akan memiliki mood yang jauh lebih buruk keesokan harinya dan hal ini akan bisa berpengaruh besar pada kesehatan tubuh kita.