Ini 6 Alasan Kenapa Tubuh Tiba-Tiba Gemetar

DokterSehat.Com – Tanpa disadari semua orang pasti pernah mengalami tubuh yang gemetar, entah karena sedang takut, udara yang dingin atau sakit tertentu. Tapi sebenarnya banyak faktor yang bisa menyebabkan tubuh seseorang menjadi gemetar.

6

Gemetar adalah suatu tindakan yang dilakukan tanpa sengaja, agak berirama dan gerakan ototnya melibatkan gerakan osilasi dari satu bagian tubuh ke bagian tubu lain.

Semua gerakan ini tanpa disadari dan dapat mempengaruhi tangan, lengan, kepala, wajah, pita suara dan kaki. Namun kebanyakan orang mengalami gemetar pada daerah tangan dan kakinya.

Pada beberapa orang, gemetar yang terjadi merupakan gejala dari adanya kelainan pada neurologis. Namun secara umum, gemetar juga bisa dialami oleh orang yang sehat. Walaupun gemetar tidak mengancam jiwa, tapi dapat memalukan bagi sebagian orang dan membuatnya lebih sulit untuk melakukan tugas sehari-hari seperti menulis, membaca, memegang dan mengambil sesuatu.

nilah penyebab lain dari tubuh yang tiba-tiba bergetar :

  1. Multiple sclerosis
    Multiple sclerosis terjadi ketika terjadi gangguan di dalam sel-sel saraf otak dan sumsum tulang belakang, penyakit ini biasanya disebut dengan penyakit inflamasi yang menyebabkan masalah neurologis dan berujung dengan gemetar.
  1. Stroke
    Stroke merupakan gangguan penyakit yang dihasilkan dari suplai darah ke otak yang terganggu, tingkat stroke bisa bergantung pada daerah otak yang terpengaruh. Dan mampu menyebabkan tubuh Anda gemetar.
  1. Cedera otak traumatis
    Cedera ini biasanya terjadi karena luka trauma otak akibat cedera eksternal maupun internal, salah satu gangguan penyakit karena cedera otak adalah tremor yang parah hingga mampu menyebabkan cacat dan kematian.
  1. Alkohol
    Jika Anda gemar mengonsumsi alkohol, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk tersebut. Karena terlalu banyak mengonsumsi alkohol akan menyebabkan tubuh Anda gemetar tanpa sebab.
  1. Gangguan tidur
    Ada berbagai macam gangguan tidur yang dapat menyebabkan tremor. Salah satunya adalah sleep apnea atau parasomnia. Sebab ketika Anda mengalami gangguan seperti sleep apnea, jalan napas Anda terganggu dan dapat menyebabkan tubuh Anda gemetar.
Baca Juga:  Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur Ternyata Sangat Menyehatkan

Apakah Anda sering mengalami gemetar secara tiba-tiba? Jika ya, sebaiknya konsultasikan hal ini dengan dokter. Sebab penanganan tepat di awal mampu membantu Anda untuk menyembuhkan penyakit ini secara tepat.