Ini 5 Hal Yang Dapat Menganggu Penyerapan Zat Besi

Maag adalah penyakit berbahaya, benarkah?

DokterSehat.Com– Zat besi merupakan salah satu zat gizi yang penting untuk mendukung fungsi dasar sistem dan organ tubuh. Umumnya jika kita dalam kondisi sehat dan asupan makanan baik maka pemenuhan kebutuhan zat besi bukan menjadi masalah. Namun pada kondisi seperti anemia, asupan zat besi harus benar-benar terpenuhi dengam optimal.

Pemenuhan asupan zat besi dari pemilihan makanan lazimnya tidak sulit dilakukan, karena bahan makanan sumber zat besi termasuk cukup mudah kita peroleh. Seperti daging, kuning telur, ikan, ayam kacang-kacangan dan roti atau sereal.

Namun, menurut Nikolaos Katsilambors, pakar kesehatan dari University of Athens Medical School Yunani, yang menyebabkan asupan zat besi tidak terpenuhi adalah gangguan pada penyerapan zat besi.

Zat besi termasuk salah satu zat gizi yang mudah terpengaruhi penyerpannya jika terdapat beberapa inhibitor atau penghambat. Penghambat ini bisa muncul dari kondisi kesehatan, asupan gizi lain dan bahan makanan.

Berdasarkan Buku Asuhan Gizi Klinik, ada 5 kondisi yang dapat menganggu penyerapan zat besi dalam tubuh, yaitu:

  1. Konsumsi teh dan kopi
  2. Kandungan yang ada pada kedua minuman tersebut, seperti tannin dan kafein menyebabkan penyerapan zat besi terganggu di pencernaan.

  3. Konsumsi obat antasida pada saat maag
  4. Penggunaan obat antasida/obat maag akan memengaruhi asam lambung dan dapat bereaksi dengan zat besi di lambung, hal ini akan menghambat penyerapan zat besi di usus.

  5. Kondisi gastroektomi

  6. Produksi asam pada lambung dapat menghambat penyerapan zat besi. Pada kondisi gastroektomi (operasi pada bagian lambung) umumnya asam lambung yang diproduksi belum stabil sehingga berpengaruh pada zat besi yang akan diserap tubuh.

  7. Asam lambung yang rendah

  8. Seperti dua poin sebelumnya, kondisi asam pada lambung sangat memengaruhi penyerapan zat besi. Asam lambung yang rendah juga menghambat penyerapan zat besi.

  9. Asupan zat besi berlebihan

  10. Zat besi yang terlalu banyak pada tubuh justru akan menghambat penyerapannya, maka dari itu selalu konsumsi zat besi sesuai kebutuhan tubuh kita.

Kita tentu tidak ingin zat besi yang sudah ada pada bahan makanan yang kita konsumsi tidak bisa diserap dan dirasakan manfaatnya dengan baik untuk tubuh. Maka dari itu hindari kelima diatas agar penyerapan zat besi bisa optimal ya.