Ini 4 Efek Samping Jika Konsumsi Duku Secara Berlebihan

Photo Credit : www.pixabay.com

DokterSehat.Com– Duku adalah jenis buah-buahan yang berasal dari Asia tenggara. Buah ini sendiri memiliki berbagai kandungan baik, mulai dari karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, tiamin, vitamin, dan niacin. Di Indonesia, buah duku sangat populer dan tidak sedikit orang yang menyukainya karena rasa yang enak dan manis.

Tapi, tahukah Anda jika di balik kandungan yang baik tersebut, duku juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan? Ya, hal tersebut tentunya jika Anda mengonsumsi duku dalam porsi yang berlebihan. Sampai saat ini, seluruh pakar kesehatan setuju jika duku adalah salah satu buah yang memiliki kadar karbohidrat yang cukup domain sehingga sangat tidak dianjurkan jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah banyak sekaligus.

Berikut 4 efek jika Anda terlalu banyak mengonsumsi duku:

1. Menambah Berat Badan

Tidak bisa dipungkiri, buah duku adalah buah yang mengandung karbohodrat tinggi, layaknya nasi. Sebagian orang menghindari konsumsi nasi karena nasi dianggap sebagai salah satu makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang bisa menambah berat badan. Itu berarti karbohidrat berlebih pada sebuah makanan bisa berdampak pada berat badan. Maka dari itu, jangan mengonsumsi duku terlalu banyak sebab karbohidratnya yang tinggi bisa membuat Anda gemuk dalam waktu cepat.

2. Menyebabkan Maag

Jika Anda memiliki riwayat penyakit maag, sebaiknya Anda mengawasi setiap makanan yang masuk ke tubuh Anda. Hindari makanan yang susah dicerna dan mengandung gas. Dan dalam hal ini duku dikatakan sebagai makanan yang sulit dicerna oleh lambung. Maka dari itu, makan duku sewajarnya saja,  hindari konsumsi duku dalam porsi yang banyak sekaligus.

3. Risiko Diabetes

Duku merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan fruktosa yang cukup tinggi. Maka jangan pernah mengonsumsi duku dalam jumlah banyak sekaligus karena bisa meningkatkan risiko diabetes. Seperti diketahui, penderita diabetes dianjurkan untuk konsumsi buah-buahan berserat seperti jeruk, jambu, pepaya, dan sebagainya.

4. Meningkatkan Kadar Trigliserida

Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak yang dibawa dalam aliran darah. Trigliserida sendiri berasal dari makanan serta minuman yang dikonsumsi oleh seseorang. Dengan tingginya kadar trigliserida, maka seseorang akan lebih berisiko terkena serangan jantung serta sindrom metabolik. Maka dari itu, jangan mengonsumsi duku secara berlebihan dalam satu waktu sekaligus.