Ini 3 Manfaat Talas yang Jarang Kamu Tau

DokterSehat.Com– Apa yang anda ingat saat mendengar kata talas? Coba kita ingat lagi, ada salah satu Kota di Indonesia yang terkenal akan olahan talas ini. Salah satu olahan talas yang cukup banyak kita kenal adalah lapis talas Bogor. Olahan ini bentuknya mirip brownies ini menggunakan bahan dasar umbi talas yang cukup banyak tumbuh di Bogor.

talas-doktersehat

Bahkan Bogor menjadi kota sentra penanaman talas. Olahan talas lainnya antara lain keripik kini sudah mulai banyak dikenal orang. Olahan talas sudah mulai banyak dan kian mudah kita peroleh. Kira-kira apa saja manfaatnya dari talas hingga banyak sekali makanan olahan dari talas?

Talas mulai banyak dijadikan umbi yang cukup potensial sebagai bahan makanan pengganti nasi. Talas perlahan mulai populer karena produksi tanaman ini cukup banyak mengingat talas sangat cocok ditanam di area tropis seperti Indonesia. Bukan hanya dari segi produksi tanaman saja, talas mulai dilirik manfaatnya bagi tubuh. Tiga manfaat talas bagi tubuh antara lain:

1. Kaya vitamin dan mineral
Tanaman talas memiliki kandungan vitamin B dan Fe. Kedua jenis vitamin dan mineral ini kandungannya cukup tinggi pada talas dibandingkan dengan jenis umbi lain.

2. Kandungan lemak yang rendah
Talas memiliki kandungan lemak yang lebih rendah daripada jenis umbi lainnya seperti singkong atau ubi.

3. Memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi
Talas kaya akan kandungan karbohidrat yang membuat talas kini dilirik banyak orang sebagai bahan makanan pilihan untuk diolah sebagai bahan makanan sumber karbohidrat.

Berdasarkan hasil studi yang dilakukan di IPB, talas mulai banyak diolah dalam berbagai bentuk seperti tepung talas, keripik dan dodol. Kini kita semakin mudah dalam memeperoleh dan mengolah talas. Dengan manfaat talas yang baik untuk tubuh, apakah anda tertarik mencoba olahan-olahan talas tersebut?