Ini 3 Alasan Penting Ibu Harus Menyusui Setelah Melahirkan

doktersehat-lahir-bayi-ibu

DokterSehat.Com– Setelah melalui proses persalinan, ibu akan memasuki masa menyusui. Umumnya kita beranggapan bahwa menyusui hanya penting bagi bayi. Karena dengan menyusui bayi akan mendapatkan asupan makanan dan zat gizi untuk tumbuh kembangnya. Padahal saat menyusui, ibu juga mendapatkan manfaat yang sangat penting untuk tubuh ibu sendiri.

Saat menyusui ada berbagai perubahan sistem tubuh ibu dan pembentukan berbagai hormon. Perubahan yang terjadi pada tubuh ibu merupakan hal yang wajar karena tubuh sedang mempersiapkan kondisi untuk dapat segera memulihkan kesehatan ibu dan memproduksi ASI untuk bayi.

Perubahan yang terjadi akan menyebabkan tubuh ibu beradaptasi pada berbagai hal seperti kondisi fisik dan hormonal. Adaptasi yang terjadi selama masa menyusui tersebut ternyata memberikan manfaat yang sangat penting, tidak hanya untuk bayi namun juga untuk ibu.

Saat menyusui, manfaat yang dapat dirasakan untuk tubuh ibu adalah:

  • Pendarahan berkurang & ukuran uterus lebih cepat kembali normal
  • Ibu yang menyusui setelah melahirkan akan menghasilkan hormon oksitoksin lebih lebih banyak. Hormon ini dapat berpengaruh pada pendarahan tubuh pasca melahirkan serta dapat merangsang otot uterus. Hal ini dapat memiminalkan pendarahan di tubuh ibu serta merangsang kontraksi uterus sehingg mempercepat pengembalian ukuran uterus.

  • Menunda kehamilan selanjutnya
  • Dengan menyusui setelah melahirkan, hormon prolaktin di tubuh ibu diproduksi lebih banyak. Hormon ini dapat menghambat ovulasi sehingga ibu dapat menunda kehamilan dengan lebih baik

  • Menurunkan berat badan
  • Menyusui akan membantu penurunan berat badan ibu. Ibu yang menyusui akan dapat kembali ke berat badannya sebelum hamil dengan lebih cepat.

Dengan menyusui, tubuh ibu akan mengalami berbagai perubahan fisik dan hormonal. Perubahan tersebut tidak hanya mendukung produksi ASI yang baik namun juga bermanfaat untuk tubuh ibu sehingga akan mendukung kondisi kesehatan yang baik pula.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik