Ingin Vagina Tetap Sehat? Konsumsi Makanan-Makanan Berikut

DokterSehat.Com – Menjaga kesehatan vagina adalah hal yang harus dilakukan oleh kaum wanita. Bagaimana tidak, andai vagina berada dalam kondisi yang tidak bersih atau bahkan tidak sehat, maka dikhawatirkan wanita akan mengalami masalah pada siklus menstruasi atau bahkan adanya resiko terkena berbagai masalah kesehatan. Selain rutin membersihkannya, ada baiknya wanita juga rutin mengkonsumsi makanan yang mendukung kesehatan vagina seperti sebagai berikut.

doktersehat-wanita-vagina-celana-dalam-Herpes-Genital-infeksi-menular-seksual

Makanan prebitoik dan probiotik
Pakar kesehatan Jennie Freiman, MD, menyebutkan jika vagina membutuhkan bakteri baik untuk menjaga kesehatan area kewanitaan, menjaga kadar keasaman tetap seimbang, dan melawan bakteri jahat pemicu berbagai masalah kesehatan. Untuk tetap menjaga bakteri baik ini tetap ada pada vagina, maka wanita pun sebaiknya rutin mengkonsumsi makanan prebiotik dan probiotik layaknya yoghurt, tempe, bawang-bawangan, atau bahkan acar.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan sangatlah kaya akan lemak sehat sehingga tubuh wanita pun akan lebih baik dalam menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini ternyata bisa berimbas pada terjaganya hormon estrogen pada tubuh wanita sehingga area kewanitaannya pun tetap memiliki lapisan mukosa yang sehat sehingga tidak akan mudah terkena infeksi.

Menjaga asupan air putih
Dengan mencukupi kebutuhan air putih setidaknya 7 hingga 8 gelas perhari, maka tubuh akan terhidrasi dengan baik dan area vagina pun terhindar dari masalah vagina kering dan bau yang tidak sedap.

Menghindari asupan gula berlebihan
Pakar kesehatan Burt Webb, M.D, menyebutkan jika andai wanita terlalu sering mengkonsumsi gula secara berlebihan, maka berbagai bakteri layaknya lactobacilli akan semakin menurun jumlahnya pada vagina sehingga resiko terkena infeksi jamur, iritasi, hingga nyeri pada vagina meningkat.

Menghindari makanan olahan
Makanan olahan, khususnya makanan junk food, akan sangat buruk bagi sistem kekebalan tubuh kita dan andai wanita kerap mengkonsumsinya, maka Ia pun lebih beresiko terkena infeksi bakteri dan kuman pada vagina yang tentu akan sangat berbahaya.